Desa Bone Bone, Wisata Surga Yang Bebas Asap Rokok

KABARMASPUL - Saat anda berkunjung ke Kabupaten Enrekang, jangan melewatkan untuk menikmati keindahan alam di Desa Bone-Bone, Kecamatan Baraka.  Desa Bone-Bone merupakan sebuah desa terpencil yang terletak di lereng Gunung Latimojong di ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut.

Desa Bone Bone, Wisata Surga Yang Bebas Asap Rokok
Desa Bone-Bone, Kecamatan Baraka, Enrekang Sulawesi Selatan

Kampung ini sangat terkenal sebagai desa tanpa rokok di Kabupaten Enrekang. Suasana antirokok begitu terasa saat memasuki desa tersebut. Tanda larangan merokok langsung terpampang pada baliho besar tepat di gerbang masuk Desa Bone-Bone. Sejumlah papan berisi larangan merokok dan imbauan untuk menjaga kesehatan juga menghiasi sudut-sudut desa.

Bagi anda para perokok, secangkir kopi panas biasanya belum cukup menghangatkan tubuh didaerah ketinggian yang berhawa dingin. Rasa menggigil seolah baru benar-benar sirna ketika merokok. Namun, sugesti itu mentah di kalangan warga Desa Bone-Bone.

Pencanangan kawasan bebas asap rokok merupakan inisiatif Kepala Desa Bone-Bone, Muhammad Idris (45), pada tahun 2000. Kala itu, ia prihatin dengan banyaknya anak-anak usia SD hingga remaja yang merokok. Pemahaman tentang bahaya merokok minim mereka dapatkan mengingat kebiasaan tersebut dilakukan orangtua pada umumnya


Sumber: www.exploresouthsulawesi.com

BAGIKAN:

jasa pembuatan website makassar