KOALISI PEREMPUAN INDONESIA SULSEL LATIH KADER PENGORGANISASIAN DI GOWA

GOWA - Koalisi Perempuan Indonesia Sulawesi Selatan baru saja melaksanakan Pelatihan Pengorganisasian Masyarakat atau lebih trend disebut Community Organizer (CO). Pelatihan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas kader potensial dalam mendampingi masyarakat, khususnya kaum perempuan di tingkat komunitas. Kegiatan ini berlangsung  9 - 15 Mei 2016 di Wisata Kebun, Desa Pakkatto,  Kabupaten Gowa.

Pelatihan ini diikuti 27 orang peserta yang berasal dari kader potensial  perwakilan dari 11 cabang Koalisi Perempuan Indonesia  di Sulawesi Selatan.
Selama 7 hari proses belajar peserta terlihat sangat antusias mengikuti seluruh rangkaian materi yang sangat padat. Materi diawali dengan Analisa Sosial, Analisis Masalah Lingkungan, Gender dan Konsep Dasar Pengorganisasian.

Proses belajar dikawal oleh 2 orang fasiliator dari Sekretariat Nasional, yakni Sutriyatmi (Mimi) Kordinator Pokja Organisasi Seknas dan Welly, dibantu 1 orang fasilitator dari Wilayah, Saribulan (Preswil Buruh)

Selain belajar teori, peserta juga belajar langsung di masyarakat. Mereka dibagi menjadi 2 kelompok dan mempraktekkan langsung materi pengorganisasian yang telah didapatkan di kelas. Setelah kembali dari desa, mereka langsung membuat laporan dan mempresentasikan. Bagian akhir dari proses ini, peserta diajak merumuskan rencana tindak lanjut untuk 6 bulan ke depan. Baik rencana individu maupun berkelompok berdasarkan cabang mereka.

Bagian akhir Pelatihan ini ditekankan bahwa semua fasilitator merasa senang sebab semua peserta sangat aktif. Tempat yang dipilih sangat ramah lingkungan. Kita tidak banyak menggunakan AC. Harapan kami,  " saat kembali di tempat masing-masing mempraktekkan pengalaman belajar ditempat ini dilakukan dengan kesungguhan. Tentu akan banyak tantangan yang dihadapi. Tetapi dengan kemauan yang kuat semua pasti bisa dihadapi" kata  Mimi.

Hal serupa juga disampaikan Sekretaris Wilayah, bahwa, "dengan pengetahun yang didapat disini akan membantu Koalisi Perempuan untuk memperkuat Organisasi kita ditingkat Balai, memperluas jaringan kerja dan mendorong lebih luas kepemimpinan perempuan di tingkat lokal".

Kami menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya atas kerjasama semua peserta dan fasilitator sehingga acara ini berjalan lancar. Terima kasih kepada Devolopment and Peace  (DnP) yang telah memberi dukungan atas terselenggaranya kegiatan ini.***

BAGIKAN:

jasa pembuatan website makassar