Latih Buku Bacaan Berjenjang, Guru Tingkatkan Kemampuan Baca Siswa

Enrekang Kabarmaspul.Com -- Kemampuan membaca merupakan ketrampilan hidup yang penting untuk menjamin keberhasilan setiap orang. Agar terampil dalam membaca, siswa perlu diberi banyak kesempatan untuk membaca buku yang relevan dalam hal isi maupun tingkat kemampuan membacanya. Secara resmi pelatihan dibuka oleh Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Kabid Dikdas) Kabupaten Enrekang Kadir Loga, Pelatihan ini dilaksanakan pada tanggal 12-13 April 2016 Baru-baru ini yang bertempat di Aula SDN 26 Massemba (15/4).

Kadir Loga Mengatakan “Saya mengapresiasi USAID PRIORITAS yang sudah berkontribusi bagi peningkatan kualitas pendidikan dasar. Melalui kegiatan ToT ini diharapkan dapat mendorong motivasi dan berdampak pada peningkatan kualitas tenaga pendidik di provinsi Banten.”
Ia berpesan agar peserta dapat meningkatkan ketrampilan membaca siswa melalui pelatihan ini.

Pelatihan untuk pelatih tentang pratik yang baik dalam pembelajaran tingkat SD dan MI digelar selama dua hari dimulai pada tanggal 12-13 April 2016 dan diikuti oleh puluhan tenaga pendidik yang berasal dari lima kabupaten/kota di Banten. Peserta di kelompok kelas awal mendapatkan kompetensi pelatihan buku bacaan berjenjang. Buku bacaan berjenjang dikembangkan berdasar tingkat kemampuan membaca siswa sehingga memudahkan siswa untuk memahami dan menikmati buku yang dibacanya.

Sementara Secara terpisah Sudarman Selaku PA USAID Prioritas Enrekang –Toraja mengatakan “Buku bacaan berjenjang menjadi alat bantu belajar siswa dalam membaca di kelas awal SD dan MI. Untuk menggunakannya, peserta diajak untuk mempratikkannya di sekolah.

“Buku bacaan berjenjang merupakan metode alternatif yang menarik siswa untuk melafalkan kata, kelancaran membaca dan memahami isi bacaan.” Ia pun berharap dapat menerapkannya di sekolah usai pelatihan.

(Herul Iman)




BAGIKAN:

jasa pembuatan website makassar