Anies Baswedan Dorong Akademisi Masuk Pilkada



Makassar-Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Mendikbud) Anies Baswedan mendorong para akademisi untuk turut ambil bagian dalam pesta demokrasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang akan digelar di berbagai daeraha tahun 2017 dan 2018 mendatang.
Hal ini disampaikan Anies Baswedan usai membawakan orasi ilmiah dalam penyambutan 1200 mahasiswa baru Universitas Bosowa (Unibos) di Balai Sidang 45 Unibos, Jl Urip Sumoharjo Makassar,kemarin.
Pernyataan Anies ini disampaikan menjawab pertanyaan terkait adanya dorongan dari berbagai kalangan kepada dirinya sebagai akademisi maju di Pemilihan Gubernur DKI Jakarta tahun 2017 mendatang. Bahkan sejumlah partai mempertimbangkan nama pendiri Yayasan Gerakan Indonesia Mengajar ini.
Anies mengaku masih berpikir-pikir mengenai dorongan itu.Dia tak ingin berwacana atau berencana. Namun, Anies balik mendorong para akademisi untuk maju di Pilkada.
“Pilkada sangat penting bagi suatu daerah. Dimana menentukan sosok yang memimpin selama lima tahun. Untuk itu dibutuhkan figur yang memiliki pengaruh,” guru besar yang mendapatkan mendapatkan gelar doktor ilmu politiknya dari Northern Illinois University ini.
Menurutnya, kalangan akademisi merupakan harapan baru dan alternatif yang dibutuhkan oleh masyarakat untuk memajukan suatu daerah. Sebab, secara ilmiah mengetahui masalah serta solusinya. “Diharapkan akademisi yang memiliki ide-ide briliant dapat diterapkan dalam memajukan daerah,” jelasnya.
Hal lainnya yakni akademisi kuat bidang pendidikan yang menjadi kebutuhan mendasar dalam pengembangan sumber daya manusia. (WAN)

BAGIKAN:

jasa pembuatan website makassar