Urus e-KTP Untuk Siswa Yang Baru Lulus Harus Tunjukkan Ijazah



Kabarmaspul-Beberapa warga di Kota Makassar mengeluhkan pelayanan e-KTP di kecamatan. Bagiamana tidak, syarat administrasi di setiap kecamatan ditemukan berbeda.
Seperti pelayanan e-KTP di Kecamatan Biringkanaya, yang harus memenuhi tiga syarat admintrasi, yaitu Kartu Keluarga, fotocopy Ijazah, dan akta kelahiran.
Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Makassar, Nielma Palamba mengatakan, penggunaan ijazah sebagai salah satu syarat pengurusan e-KTP ditujukan kepada warga yang baru lulus Sekolah Menegah Atas (SMA).
"Pengurusan e-KTP dengan membawa ijazah ini tidak berlaku untuk semua orang, namun hanya dikhususkan untuk pemula dalam hal ini anak-anak yang baru lulus SMA dan baru pertama kali mengurus KTP," kata Nielma,Rabu (21/9/2016).
Nielma menambahkan, persyaratan ini bukan untuk mempersulit warga, melainkan bertujuan untuk mencocokan data. Sehingga semua data yang dimiliki warga baik data e-KTP, akta kelahiran, hingga ijazah semuanya sama.
"Kita mau data warga yang tercatat di Dukcapil itu bagus agar mereka tidak perlu bolak-balik mengambil dokumen pelengkap. Jangan sampai nama yang di e-KTP Rina, namun di ijazah tertulis Rini, untuk itu kami memerlukan adanya dokumen pelengkap ini. Karena jika ada data berbeda, tentu yang dirugikan adalah warga itu sendiri," paparnya.
Sementara untuk surat domisili dari RT/RW, lanjut Nielma, tidak perlu disertakan lagi pada saat pengurusan e-KTP. Masyarakat cukup membawa dokumen pelengkap yang berkaitan dengan data diri warga, seperti Kartu Keluarga (KK), serta ijazah dan akta kelahiran bagi pendaftar pemula.(RF/Wan)

BAGIKAN:

jasa pembuatan website makassar