Dinas PU Kota Maskassar Bakal Bangun PK5 Modern



Kabarmaspul-Biasa kita dengar pedagang kaki lima (PK5), digusur Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), hal ini disebabkan karena para penjual ditepi jalan ini mengakibatkan segala kesemrawutan di suatu kawasan umum bagi masyarakat.
Tak hanya itu saja, PK5 terkadang menggunakan fasilitas umum meski tidak mengantongi izin dari pihak terkait dalam usaha berdagang diwilayah tersebut. Mulai dari berdagang minuman, makanan, pakaian atau lainnya yang juga merusak tatanan sebuah perkotaan.
Untuk itu, Pemkot Makassar melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar rencananya dalam waktu dekat akan membangun dua kawasan PK5 modern yang saat ini memasuki proses tender pembangunan dua kawasan PK5 tersebut.
Kadis PU Kota Makassar, M Anshar mengatakan, pihaknya sementara menangani proses tender untuk dua lokasi pembangunan kawasan PK5 modern tersebut. Dua lokasi tersebut kata Anshar, sudah ditentukan oleh Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto sebagai langkah awal pembangunan kawasan PK5 itu.“Baru dua lokasi yang sementara dalam proses tender (dua paket) yakni di kawasan Jalan Metro Tanjung Bunga dan Jalan R.A Kartini (samping lapangan Karebosi),” akunya.


Anshar menambahkan, pihaknya juga sedang menunggu beberapa hasil dari proses tender lelang tersebut. Sehingga kata dia, pembangunan kawasan PK5 dapat terwujud dalam waktu dekat.
“Hari kamis itu klarifikasi, hari Jumat pengumuman, Senin, penyampaian/penentuan hasil pemenang tendernya. Dinas PU juga berikan masa sangga (batas waktu) tiga hari apakah proses tendernya sukses dari panitia,” pungkasnya.
Dari bebeberapa informasi yang diperoleh, para PK5 akan menggunakan prototipe Kakilimata (kios) By desain yang di prakarsai oleh Dinas Koperasi dan UKM Kota Makassar.(Ucu/Wan)

BAGIKAN:

jasa pembuatan website makassar