Mengapa tambang marmer harus ditolak ? ini kata netizen

Mengapa tambang marmer harus ditolak?

Kabarmaspul.com - Sebelumnya diberitakan bahwa ribuan massa yang tergabung dalam Forum Masyarakat Buntu Batu menggelar aksi demo di kantor bupati dan kantor DPRD Enrekang,Rabu (13/10). Mereka menolak penambangan marmer yang dilakukan PT Arung Bungin Group (ABG) di Desa Lunjen, Kecamatan Buntu Batu, Kabupaten Enrekang. dikutip dari beritakotamakassar.co.id 
Warga Tolak Tambang Marmer

Warga Tolak Tambang Marmer


Beragam respon dari berbagai pihak, salah satunya muncul dari netizen  mengatakan alasan kenapan tambang mamer harus ditolak. ??

Tambang marmer yang bahan bakunya batu kapur. Kita ketahui batu kapur [kars] adalah jenis batuan berpori ibarat spon --- menyerap dan menyimpan air. saat hujan pasokan air berlebih. 

Batuan kapur akan menyerap dan menyimpannya. saat kemarau saat pasokan air berkurang. perlahan batuan kapur akan melepas air yang ada dalam poriporinya. Inilah mengapa wilayah yang memiliki batuan kapur. misal gunung dan pegunungan. 

akan miliki sumber air, yang akan mengairi sekitarnya. bila kars ditambang. akan merusak struktur hidrologi pada batuan tersebut. kemampuan serapan limpahan air hujan akan terganggu atau malah berkurang. dan kemampuan menyimpan cadangan air saat kemarau akan menghilang. sumber air akan mengering. Bila penambangan marmer dibiarkan sumber air akan mengering. sirna sudah aliran air bening. berganti kerontang. (*)

Sumber : facebook

BAGIKAN:

jasa pembuatan website makassar