Balnko e-KTP Belum Ada Di Indonesia?Ini Peyebabnya


Kabarmaspul-Hampir di seluruh Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) se-Indonesia, tepatnya Pemerintah Kabupaten-Kota sedang mengalami kekosongan stok blanko e-KTP.
Penyebab kekosongan blanko e-KTP ini, tak lain karena proses lelang proyek pengadaan barang di Kementerian Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Kemendukcapil) RI telah gagal.
Dari informasi yang diperoleh, kegagalan dalam proses lelang proyek pengadaan barang dan jasa terkait blanko e-KTP disampaikan oleh Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil RI, Zudan Ari Fakrulloh melalui pesan broadcast di media sosial LINE kepada seluruh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil se-Indonesia.
Kata Zudan Ari Fakrulloh bahwa terdapat sejumlah perusahaan dalam mengikuti proses lelang blanko e-KTP tersebut belum memenuhi syarat administratif dan uji teknis blangko e-KTP el 8 juta keping. 
“Kami tidak berani memaksakan diri karena akan masalah hukum bila ditetapkan pemenangnya, lelang blangko e-KTP el dinyatakan gagal lelang,” aku Zudan Ari Fakrulloh melalui pesannya ke Kadispendukcapil Makassar, Nielma Palamba, Kamis, (24/11/2016)
Lebih jelasnya, Zudan Ari Fakrulloh mengungkapkan, sebagai solusi sesuai UU Adminduk dan UU Pilkada sampai dengan tersedianya blangko e-KTP tetap dapat diterbitkan surat keterangan oleh Kantor Dinas Dukcapil yang ada di Indoensia. 
Untuk itu, Zudan menerangkan, sementara ini Ditjen Dukcapil akan melakukan proses lelang pengadaan blangko KTP el anggaran 2017 lebih cepat (Pra Dipa) agar bulan Januari 2017 blangko sudah tersedia kembali.
“Saya mohon maaf atas belum tersedianya blanko di bulan November ini akibat gagal lelang,” ungkapnya.
Beredar informasi, jika pada proses lelang blanko e-KTP tahun 2011-2012 lalu diduga ditemukan banyak kesimpangan. Dimana, pemenang dari mega proyek pengadaan blanko e-KTP oleh salah satu perusahaan asal Amerika Serikat sedang menagih utang ke Indonesia dari proyek yang seharga US$ 90 Juta atau sekira 1,2 Triliun tersebut.(Fausia/Wan)

BAGIKAN:

jasa pembuatan website makassar