Hati-Hati Gunakan Medsos,Dewan Pertahanan Nasional Ambil Alih Internet


Kabarmaspul-Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dan Dewan Pertahanan Nasional (Wantanas) RI, telah mengeluarkan surat himbauan kepada masyarakat terhadap penggunaan Media Sosial (Medsos) dalam menghindari pengiriman berita yang bersifat sensitif (SARA) dan gambar-gambar pemimpin negara, lambang negara, serta simbol negara untuk bahan kartun, guyonan, ataupun lelucon lainnya.
Dalam surat edaran tersebut menyebutkan, Kominfo RI dan Wantanas RI menginformasikan serta mengingatkan kepada masyarakat agar tidak lupa bahwa system Big Data Cyber Security (BDCS) Indonesia sudah terpasang.
Rencana Wantanas RI (Dewan Pertahanan Nasional) yang akan mengambil semua informasi melalui internet di Indonesia. Yang artinya, segala percakapan kita di Cyber Social Media seperti WA, BBM, Telegram, LineSMS, dan lain sebagainya akan masuk secara otomatis ke BDCS.
Untuk itu, dalam mengawasi perkembangan informasi yang berbau negatif di Medsos pihak Wantanas RI membentuk Polisi internet melalui teknik internet sistem dalam menelusuri sumber pengirim ke grup tersebut.
“Diharapkan kepada rekan-rekan atau masyarakat agar dapat saling mengingatkan dan menghindari hal tersebut,” bunyi himbauan Kominfo melalui pesan berantai, Senin, (21/11/2016)
Selain itu, pihak Kominfo juga memberikan isyarat teguran bagi seluruh pihak yang menggunakan Medsos dalam sehari-hari untuk berbuat melanggar seperti telah disebutkan sebelumnya.
“Jangan sampai kita berurusan dengan polisi internet (Cyber Crime Police) hanya karena ingin bercanda dan berlelucon di media sosial,” tegas pesan berantai ini.
Lebih jelas pesan tersebut, diharapkan kepada masyarakat ataupun pihak tertentu untuk lebih bijak serta beretika menggunakan pesan tulisan di media sosial secara positif saja.
“Semoga kita bisa menggunakan media sosial untuk menyampaikan informasi dalam bentuk tulisan, artikel, ataupun gambar dengan santun dan beretika semoga bermanfaat,” sebutnya.
Ini sumber informasi lebih jelasnya, https://kominfo.go.id/content/detail/6288/siaran-pers-no84pihkominfo102015-tentang-penjelasan–kementerian-kominfo-terkait-sistem-big-data-cyber-security-dan-cybercrime-police/0/siaran_pers……..(Wan)

BAGIKAN:

jasa pembuatan website makassar