Ini Kata Andi Mustaman Tentang Hari Pelajar Internasional


Kabarmaspul-Tanggal 17 November diabadikan oleh Serikat Mahasiswa Internasional (International Student’s Union) yang bermarkas di Praha, Cekoslovakia sebagai sebagai International Student’s Day atau Hari Pelajar Internasional.
Pelajar atau mahasiswa adalah seseorang yang memiliki potensial dalam memahami perubahan dan perkembangan di dunia pendidikan dan lingkungan masyarakat. Yang memiliki posisi dan peran sebagai agent of change, social controler, dan the future leader.
Pelajar sebagai bagian dari kaum muda dalam tatanan masyarakat yang mau tidak mau pasti terlibat langsung dalam tiap fenomena sosial, harus mampu mengimplementasikan kemampuan keilmuannya dalam akselerasi perubahan keumatan ke arah berkeadaban.
Demikian disampaikan Ketua Yayasan Bakti Bumi Persada yang membina Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Wira Bhakti Makassar, Andi Mustaman dalam memperingati Hari Pelajar Internasioanl yang jatuh pada hari ini.
“Pelajar diharapkan menjadi manusia-manusia yang memiliki kemampuan dan ahlak yang mulia dan berperan sebagagi pengganti generasi-generasi sebelumnya. Yaitu sebagai cikal bakal atau cadangan untuk masa yang akan memajukan bangsa,” jelas Andi Mustaman.
Kata dia, pelajar harus memiliki peran sebagai agen perubahan untuk masyarakat, dimana statusnya telah diberikan atau dipercaya oleh masyarakat sebagai agen perubahan bangsa yang lebih maju.
“Agen perubahan ini bukan diberikan begitu saja, tetapi didalam gelar itu terdapat sebuah harapan untuk perubahan bangsa. Pelajar adalah tumpuan kebangkitan bangsa yang lebih maju lagi,” jelas mantan legislator DPRD Sulsel ini.
Menurutnya, pelajar memiliki kekuatan besar yakni nilai kebaikan dan kekuatan moral. Dimana memiliki acuan dasar dalam berprilaku dalam hal keintelektualan didalam masyarakat.
“Pelajar menjadi jembatan antara masyarakat dengan pemerintah. Menyampaikan aspirasi yang telah dikeluarkan oleh masyarakat kepada pemerintah. Pelajar juga sebagai gerakan yang mengkritisi kebutuhan politik ketika ada kebijakan diberikan oleh pemerintah yang tidak baik atau tidak bijak bagi masyarakat,” tutupnya.(Wan)

BAGIKAN:

jasa pembuatan website makassar