Ini Tujuan Pembentukan BULO Di Makassar


Kabarmaspul-Program Badan Usaha Lorong (BULO), adalah program lembaga masyarakat yang banyak mengandung makna sosial dan ekonomi untuk bertujuan profit, semi profit dan nirbala dalam mendukung nilai tambah dan kesejahteraan masyarakat. Pasalnya, program BULO akan membantu warga Kota Makassar bagaimana cara mengembangkan sebuah usah dibidang perkebunan dan pertanian yang bernilai ekonomi tinggi.
Tujuan utama program BULO, mendorong pengembangan dari 5.935 lorong menjadi 7.812 lorong sebagai lorong produktif kelanjutan master plan restorasi sebuah lorong di Kota Makassar. Selain itu, program BULO juga membantu menciptakan pengendalian inflasi sektor konsumsi rumah tangga.
Maka dari itu, para anggota Timpro yang khusus menangani program BULO terdiri dari beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lingkup Pemkot Makassar menggelar rapat terkait sosialisasi program BULO di masyarakat nantinya.
Ketua Timpro Kota Makassar sekaligus Plt Kadis Sosial Makassar, Mukhtar Tahir mengaku, rapat tersebut akan membahas bagaimana realisasi program BULO di masyarakat. Dimana kata Mukhtar, hasil dari rapat ini para Timpro berusaha untuk bagaimana masyarakat betul-betul menikmati hasil dari program BULO ini.
“Program ini akan menumbuhkan nilai ekonomi masyarakat melalui bantuan Pemerintah dari berbagai sektor diantaranya berkebun dan bertani,” aku mantan Kadis Kominfo ini di ruang rapat Timpro Kantor Dispenda Makassar, Rabu, (16/11/2016)
Lebih lanjutnya, Utta sapaan akrabnya mengungkapkan, program BULO memang membutuhkan persiapan yang matang dalam membantu masyarakat kedepannya.
“Saya yakin kalau masyarakat bisa menjalankan program ini yang telah terintegrasi dengan seksama oleh Timpro,” ungkapnya.
Sekedar informasi, program ini mengandung delapan komoditi berskala prioritas, delapan tahapan pengembangan program, delapan kebutuhan pengembangan, delapan langkah pengambangan program BULO, delapan program Tim Kerja Khusus (TIMKERSIS) BULO dan delapan unsur TIMKERSUS.
Berikut beberapa SKPD yang tergabung dalam program BULO, Dinas Koperasi dan UKM Makassar (Kelembagaan), Disperindag Makassar (Industri), Dinas Kelautan dan PPP (Longgar), Dinas Pertamanan dan Kebersihan (LTR), Dinas PU (MTR & SL), Dinas Sosial Makassar (BULO), Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (LORWIS), Dinas Kominfo (Smart Lorong), Disnaker Makassar (Zero Unemployment), BPM Makssar (BULO), BLHD (Longgar), Kantor Katahanan Pangan (Longgar) dan 14 Kecamatan (IUMK).

Penulis:Syamsuddin
Editor:Wan

BAGIKAN:

jasa pembuatan website makassar