Ritual Adat Angngaru Sambut Kunjungan Kerja Kaapolda SulSel Di Takalar


Kabarmaspul-Kapolda Sulsel Irjen Pol Anton Charliyan bersama rombongan tiba di Mapolres Takalar dalam rangka kunjungan kerja (Kunker) , tiba di Polres Kapolda disambut dengan adat bugis Makassar yaitu Angngaru serta Tari Paduppa, Kamis (3/11/16).
Penyambutan Angngaru Kapolda Sulsel oleh personil Polres Takalar membuat suasana kunker Kapolda Sulsel menjadi meriah.
Kegiatan tersebut sudah jauh hari persiapkan sesi acara penyambutan setelah mendengar adanya kunjungan kerja Kapolda, berbagai acara adat yang dirangkaikan dalam penyambutan.
Angngaru merupakan tradisi sakral bagi masyarakat Sulawesi Selatan. Sakral karena menjadi bagian dari acara adat dan terkait ritual. Dalam Angngaru, si “pangngaru” Bripda Nur Iksan pada prosesi tertentu menampilkan diri secara heroik mengikuti ketepatan ketukan gendang sambil badik (senjata pusaka) di pukulkan ke badan dan di tusukkan ke Aspal.
Usai disambut dengan upacara adat, Kapolda Sulsel menuju Ruang Kapolres Takalar dengan disambut jejeran Pejabat Plt Bupati Takalar, Dandim 1426 Takalar, Kepala Kemenag Kab. Takalar, Kajari, Sekda Takalar dan Wakapolres Takalar, Para Kabag, Kasat, Kapolsek serta Barisan Anak TK Kemala Bhanyangkari.(Wan)

BAGIKAN:

jasa pembuatan website makassar