6 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Setelah Makan


Kabarmaspul.com- Jika kamu merasa sering sakit padahal makan tidak pernah terlambat, mungkin kamu sering melakukan 6 hal berikut ini setelah makan.
1. Tidur
 
Tidur setelah makan merupakan kebiasaan buruk yang sudah banyak dilakukan oleh orang, ketika perut penuh dan minim aktifitas maka akan mudah sekali mengantuk. Padahal ini tidak baik bagi tubuh.
Faktanya, tidur setelah makan bisa memperlambat pencernaan, menyebabkan kembung, dan tidak nyaman ketika bangun. Selain itu juga dapat membuat otot kaku dan malas untuk bergerak.
Sebaikinya kita setelah makan tetap berada dalam posisi tegak selama satu jam setelah makan agar cairan pencernaan dapat memecah makanan.
2. Makan Buah
 
Ini yang menjadi kebiasaan yang salah kaprah di masyarakat, buah sering kali menjadi makanan pencuci mulut, di makan di akhir setelah makan berat.
Dengan makan buah, mereka ingin mulutnya segar kembali setelah makan. Padahal seharusnya tidak seperti itu.
Buah adalah salah satu jenis makanan yang sangat cepat untuk dicerna. Jika kita memakan buah setelah makan makanan utama, kandungan sehat dalam buah tidak akan berpengaruh dan justru hanya menyebabkan gas.
Makan buah yang benar adalah 30 menit sampai 1 jam sebelum makan berat, jika ini dilakukan maka manfaat buah akan terasa oleh tubuh.
3. Minum Teh
 
Minum teh setelah makan sering kali dilakukan oleh orang-orang di jalanan, di desa juga sangat banyak sekali yang melakukan hal ini, bagi mereka rasanya tidak puas jika tidak ada yang manis masuk ke dalam mulut.
Padahal minum teh setelah makan akan menghambat pencernaan tubuh kita. Asam dari teh mengeraskan protein dalam makanan yang kita makan sehingga lebih sulit untuk dicerna.
4. Mandi
 
Kebiasaan makan sebelum sarapan memang banyak sekali dilakukan khususnya para pelajar. Kebiasaan itu sebenarnya tidak baik bagi kesehatan khususnya pencernaan.
Ketika kita mandi, suhu tubuh akan meningkat dan sebagian besar darah ditarik ke permukaan kulit hingga lengan.
Hal itu akan mengakibatkan masalah dalam pencernaan dan kandungan makanan akan hilang.
5. Merokok
 
Merokok bisa dikatakan juga makan, karena merokok itu memasukkan asap ke dalam tubuh, jadi ketika makanan yang bergizi itu masuk ke dalam tubuh akan bercampur dengan zat dan racun yang terdapat dalam rokok.
Mau tidak mau racun akan meresap ikut dalam makanan, makanan yang seharusnya bergizi justru malah jadi tidak sehat, sehingga gizi makanan tidak bekerja maksimal bagi tubuh.
6. Olahraga atau Banyak Gerak
 
Ketika setelah makan jangan terlalu banyak bergerak atau olahraga, karena ketika pembakaran belum selesai tapi diajak bergerak, maka akan terganggu pencernaannya, bisa juga sakit perutnya atau lebih parahnya bisa muntah.
Setelah makan duduklah sebentar, ambil oksigen dengan tenang agar hasil pembakaran dalam tubuh maksimal. Setelah di rasa cukup, perut nyaman, bolehlah kembali bergerak.
Semoga bermanfaat ya(Wan)

BAGIKAN:

jasa pembuatan website makassar