Andi Mustaman Yakin Timnas Indonesia Tumbangkan Thailand 2-0


Kabarmaspul-Ketua Yayasan Bhakti Bumi Persada yang membina Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Wira Bhakti Makassar, Andi Mustaman optimis skuad tim nasional Indonesia bisa taklukkan Thailand pada Laga leg pertama final Piala AFF 2016, di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Rabu (14/12/2016).
Kewajiban menang jika menginginkan jalan menuju gelar juara, kata Aman sapaan akrab Andi Mustaman bisa diraih jika melihat semangat dan perjuangan pemain Timnas Indonesia yang diarsiteki oleh Alfred Riedl.
“Indonesia harus menang di leg pertama. Kalau bisa, menang dengan selisih minimal dua gol tanpa kebobolan. Dengan begitu, langkah timnas menjuarai Piala AFF akan lebih ringan,” kata Aman.
Mantan legislator DPRD Sulsel ini mengakui upaya meraih hasil itu tidak mudah. Sebab, di atas kertas kualitas Thailand masih di atas Indonesia. Sebagai gambaran adalah pertemuan kedua tim dipenyisihan Grup A, di mana Thailand menggasak Tim Merah-Putih dengan skor telak, 4-2.
Aman menilai penampilan timnas saat ini memang lebih baik ketimbang di babak penyisihan lalu. Pertahanan Indonesia juga lebih rapat. Menurutnya, Alfred Riedl sudah mulai menemukan formula yang tepat untuk mengatasi keroposnya lini belakang Timnas Indonesia. Namun, Thailand bukanlah tim ayam sayur. Tim besutan Kiatisuk Senamuang dianggap lebih matang.
“Jadi, para pemain harus bekerja esktra keras, kreatif, dan disiplin. Jika tidak, Thailand akan dengan mudah menaklukkan timnas,” katanya.
Menurutnya, pemain Timnas Indonesia harus ekstra waspada. Salah satunya dalam menutup ruang tembak para pemain Thailand yang dikenal bringas dikotak penalti lawan.
“Gelandang dan striker Thailand memiliki naluri mencetak gol yang sangat tinggi. Maka itu, Indonesia harus menerapkan compact defense saat bertahan dan mengandalkan serangan balik untuk menjebol gawang Thailand,” tuturnya.
Aman optimistis, meski kualitas Thailand masih setingkat di atas Timnas Indonesia, anak buah Alfred Riedl memiliki kans besar untuk memenangi bentrokan kali ini. Sebab dari pengamatannya, secara kolektivitas sebetulnya masih lebih baik Vietnam ketimbang Thailand.
Dengan asumsi itu, timnas seharusnya bisa mengatasi Thailand di leg pertama ini. “Kalau Vietnam yang lebih baik dari kerja sama timnya bisa ditaklukkan, seharusnya Thailand bisa kita kalahkan,” tegasnya.
Lebih jauh Aman yakin Indonesia bisa mengalahkan Thailand di leg pertama nanti. Sebab, kekurangan timnas sejauh ini bisa tertutupi oleh semangat Boaz Solossa dkk yang sangat besar.
“Coach Alfred tentu sudah memperlajari permainan Thailand, dan bagaimana cara mengatasi mereka. Selain taktik dan strategi yang tepat, Timnas Indonesia mempunyai modal besar yang tak dimiliki tim lain, yakni semangat mereka yang berkobar. Prediksi bisa menang 2-0,” tegas Aman.(*)

BAGIKAN:

jasa pembuatan website makassar