BI Gandeng PJI Lahirkan Pengusaha Baru

BI Gandeng PJI Lahirkan Pengusaha Baru

Kabarmaspul.com - Asisten Deputy Direktur Eksekutif Bank Indonesia Perwakilan, Sulsel Hermanto, mengatakan, Bank Indonesia (BI) juga memiliki komitmen melahirkan pengusaha baru di seluruh Indonesia.
Kata dia, sudah menjadi program Bank Indonesia sejak 2003, namun seiring waktu perbankan yang ada juga sudah melakukan hal serupa dengan membentuk kelompok usaha binaan.
“Makanya sekarang kita tekankan kepada perbankan bagaimana kredit yang dimiliki 20 persen disalurkan ke sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Ini untuk merangsang lahirnya usaha-usaha baru,” ujarnya dalam Diskusi Media ‘Mendorong Minat Berwirausaha Untuk Meningkatkan Produktivitas Nasional’ yang dilaksanakan Perhimpunan Jurnalis Indonesia (PJI) Sulsel kerja sama Bank Mandiri, Bank Indonesia, dan Kadin Sulsel di Country Coffee Resto (CCR) Makassar, Rabu (21/12/2016).
Wakil Ketua DPRD Makassar, Adi Rasyid Ali, memberikan tips kepada mahasiswa yang ingin terjun ke dunia usaha.
“Kalau mau jadi pengusaha pertama itu ‘Kenali Diri Anda’. Tidak salah saat kuliah impikan jadi PNS, tetapi kalau potensi diri yang ada diberdayakan menjadi pengusaha, maka hasilnya bisa jadi lebih luar biasa. Itulah saya katakan kenali diri Anda. Selain itu, jadilah inovatif dan kreatif saat menjadi pengusaha,” terang Adi yang memiliki latar belakang pengusaha ini.
“Saya pribadi memberikan apresiasi yang luar biasa kepada PJI Sulsel yang menjadi fasilitator diskusi ekonomi. Kita harapkan dari diskusi ini bisa lahir pengusaha-pengusaha baru,” tambahnya.
Salah satu peserta diskusi mahasiswa Jurusan Pendidikan Akuntansi Ekonomi Universitas Negeri Makassar (UNM), A Irwan Nur, sangat mengapresiasi langkah Kadin Sulsel yang terus mendorong lahirnya pengusaha baru di Sulsel. Apalagi, saat ini banyak mahasiswa yang ingin menjadi pengusaha. Namun, kendalanya masih minimnya ruang dan kurang difasilitasi.
“Banyak Sumber Daya Manusia (SDM) di kampus yang memang ingin menjadi pengusaha. Contohnya, kami di Fakultas Ekonomi UNM, memang ada kelompok-kelompok usaha yang dibentuk, tetapi masih minim ruang dan kurang difasilitasi, makanya kita sangat harapkan dukungaan dari perbankan dan terkhusus Kadin. Alhamdulillah, karena sudah ada komitmen dari Kadin mendorong dan memediasi mahasiswa menjadi pengusaha sambil kuliah,” terangnya. (Wan)

BAGIKAN:

jasa pembuatan website makassar