Cara Efektif Mengelola Gaji Bulanan



Kabarmaspul.com- Gajian adalah saat-saat yang paling ditunggu oleh kamu yang sudah bekerja. Karena gajian adalah imbal hasil atas apa yang telah kamu lakukan. Bekerja dan memperoleh gaji dengan hasil jerih payah sendiri juga akan terasa sangat nikmat.
Tapi, dibalik kenikmatannya, terkadang kita sering tidak sadar sering menghabiskannya begitu saja tanpa memikirkan efekburunya. Tentunya kamu tidak mau kehidupan di akhir bulanmu melarat bukan? Maka cobalah untuk melakukan budgeting, dan hal-hal lainnya. Untuk membantu kamu, simak beberapa tips cara efetif mengelola gaji bulanan di bawah ini.
1.Budgeting
Dalam kehidupan sehari-hari kita telah sering mendengar hal ini. Misalnya saja sewaktu kamu ingin mentraktir teman makan di kafe, maka ia pasti akan langsung bertanya berapa budget yang telah kamu sediakan untuk mentraktirnya. Dalam pengertian sehari-hari budget itu berarti anggaran yang disusun secara sistematis yang meliputi segala kegiatan yang dilakukan beserta pengeluarannya.
Tentukan berapa jumlah uang yang kamu keluarkan untuk beberapa pengeluaran mulai dari pengeluaran rutin, tabungan, biaya asuransi, biaya memanjakan diri, investasi, dan lain sebagainya. Jika malas mencatatnya kamu bisa juga menyimpan nota atau bukti-bukti transaksi yang dilakukan dalam jangka waktu tertentu. Dengan demikian kamu akan memiliki gambaran kedepannya berapa sebenarnya biaya rata-rata yang dihabiskan selama sebulan. Pisahkan setiap pengeluarannya, seperti biaya untuk pengeluaran rutin/pokok berapa, biaya tabungan berapa, dan seterusnya.
2.Menahan Diri
Walaupun telah melakukan budgeting, tapi kalau tidak bisa menahan diri, sia-sia sudah anggaran yang telah kamu buat dengan susah payah itu. Jangan selalu berpendapat bahwa kamu adalah orang kaya sehabis menerima gaji sehingga bisa terus berfoya-foya.
Berusahalah untuk menahan diri terhadap cobaan-cobaan di sekitarmu. Menolak ajakan teman untuk nongkrong terlalu sering sudah termasuk langkah menahan diri juga. Menahan diri di sini bukan berarti kamu harus pelit terhadap diri sendiri dan orang lain, akan tetapi menahan diri dari aktivitas atau kegiatan yang tidak terlalu dibutuhkan. Tanamkan dalam dirimu bahwa kamu masih memiliki tanggungan lain harus segera dibayarkan.
3.Mengikuti Tagihan Rutin
Daftarkan tagihan-tagihan rutin yang memang harus kamu bayarkan setiap bulannya. Misalnya tagihan internet, tagihan asuransi, tagihan arisan, tagihan investasi, dan sebagainya. Mengikuti tagihan rutin ini penting agar gaji tidak termakan alias tidak terpakai untuk kepentingan-kepentingan lain. Sisihkan jugalah tagihan sehari-hari terpisah dari tagihan lainnya seperti biaya ongkos, bensin, dan lainnya.
4.Menabung di Bank
Memiliki uang ekstra? Cobalah untuk ditabung. Memiliki uang minim? Cobalah juga untuk menabung, jangan ragu. Sekecil apapun nominal uang yang berhasil disisihkan, pada akhirnya kamu juga yang akan merasakan manfaatnya. Dengan menabung berarti kamu juga telah berhasil untuk menyisihkan uang untuk dana darurat. Contoh kamu menyisihkan 20% dari gaji bulananmu yang besarnya Rp3.000.000. berarti kamu telah berhasil untuk menabung sebesar Rp600.000 per bulannya. Jika dana tersebut tidak terpakai, kamu akan memiliki tabungan yang besarnya Rp7.200.000 dalam setahun. Lumayan kan?
5.Kartu ATM? Disimpan Aja
Sadarkah kamu bahwa keberadaan kartu ATM di dompetmu kerap kali membuatmu boros dan membuatmu bernafsu untuk menarik uang terus-menerus? Maka ada baiknya kartu ATM kamu disimpan saja. Harus diakui kalau ATM memiliki banyak manfaat yaitu memudahkanmu dalam bertransaksi namun kadang kerugiannya juga banyak loh seperti yang telah disinggung pada kalimat sebelumnya. Bawalah ATM-mu secukupnya jika sewaktu-waktu kamu merasa bahwa uang yang ada di dompetmu tidak cukup. Namun jika untuk berbelanja, jalan-jalan, bersenang-senang atau nongkrong bersama teman, lebih baik tinggalkan kartu ATM di rumah.
Say NO untuk Mengkredit Barang
Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah sebisa mungkin untuk menghindari melakukan kredit barang. Karena menyicil barang nyatanya juga bisa membuat kantongmu bocor. Jika barang-barang lama yang kamu miliki masih bisa dipakai, buat apa harus membeli barang baru dengan cara menyicil? Utamakan dahulu cicilan untuk barang yang memang sangat dibutuhkan dan memang tidak kamu miliki. Hal ini perlu dilakukan agar keuanganmu terkontrol.
Lakukan Secara Konsisten
Mengelola keuangan selama sebulan memang gampang-gampang susah. Selalu ada saja cobaan yang datang menghampiri saat kamu sudah mulai mengelola keuanganmu dengan baik. Cobaan tersebut bisa datang dari orang-orang atau apa saja yang ada di sekitarmu. Tapi dengan melakukan tips-tips di atas semoga membantumu untuk menghadapi godaan tersebut ya. Semoga bermanfaat.(Fitri)

BAGIKAN:

jasa pembuatan website makassar