MAHASISWA DAKWAH UMI DILATIH JADI MC

MAHASISWA DAKWAH UMI DILATIH JADI MC
Suasana Praktikum Master Of Ceremony 
KABARMASPUL.COM, Makassar- 04 Desember 2016, Program Studi Komunikasi Dan Penyiaran Islam (KPI) Jurusan Dakwah Fakultas Agama Islam (FAI)  Universitas Muslim Indonesia (UMI) Mengadakan Training Master Of Ceremony (MC) Di Aula Prof. Dr. Hj. Masrurah Mokhtar, M.A (LPDKI UMI).

Menurut Muh. Saleh Selaku Ketua Panitia Menyampaikan bahwa kegiatan ini bukan merupakan kegiatan bentuk ceremonial belakang, tapi diharapkan dari training Master Of Ceremony (MC) ini disinilah semua mahasiswa dakwah mampu menggembangkan potensi yang dimilikinya dibidang MC baik itu MC yang sifatnya kegiatan  non formal atau formal dan kegiatan ini lebih banyak prakteknya dibanding dengan Teori.

Saleh menambahkan setelah kegiatan ini rencananya Akan dibentuk sebuah Forum didalam forum tersebut mahasiswa dakwah akan dilatih secara intens dan mereka langsung praktik secara langsung dan kedepannya berawal dari Forum ini diharapkan Mahasiswa dakwah dipersiapkan untuk MC khususnya di kampus baik itu kegiatan-kegiatan dan apa bila mereka telah siap kita akan persiapkan untk MC di Masyarakat.

Kegiatan Ini dibuka langsung Oleh Wakil Dekan IV Fakultas Agama Islam UMI (Dra. Hj. Andi Soraya Bugaib, M.A) dalam sambutannya mengatakan bahwa Pimpinan Fakultas sangat mengapresiasi kegiatan yang diadakan oleh PRODI KPI, ini merupakan awal yang baik karna yang namanya Sebuah acara atau kegiatan yang pertama kali menjadi pusat perhatian yaitu Pembawa Acara atau MC.

Peranan MC disini sangatlah penting kedepannya PRODI KPI harus membuat kegiatan seperti ini lagi dan peserta bukan hanya Mahasiswa Dakwah saja, tapi peserta harus dari semua Fakultas yang ada di UMI PODI KPI yang menjadi penggerak kegiatan tersebut. Ujarnya

Adapun yang bertindak sebagai Pemateri Ialah Dr. Nur Setiawati, M.Ag  dalam materinya disampaikan bahwa MC merupakan suatu peran yang sangat penting dalam suatu acara yang harus dimiki antara lain Mulailah dengan menyambut para hadirin Mengetahui hal apa saja yang menjadi tugas dan tanggung jawab seorang MC.

Berbicara dengan gaya bahasa luwes/menarik sesuai situasi dan kondisi, Memberikan kesan pertama yang menarik dari seluruh penampilan/sikap, Memilih busana yang seras sikap elegant sesuai acara yang dipandu / Audience, Menggunakan alat bantu komunikasi dengan benar dan luwe dan  Melakukan berbagai strategi untuk menghidupkan suasana / mencegah kejenuhan.
Kegitan Ini dikiti sebanyak 30 Orang dari perwakilan setiap Mahasiwa dakwah mulai dari angkatan 2013, 2014, 2015 serta 2016. (citizentreport/Inayah )




BAGIKAN:

jasa pembuatan website makassar