Pengamat Sebut NH Layak Maju Di Pilgub SulSel


Kabarmaspul-Peluang Ketua DPD I Golkar Sulsel, Nurdin Halid (NH) untuk maju di pemilihan kepada daerah sebagai calon Gubernur Sulsel 2018 mendatang cukup terbuka dibanding kandidat lain yang saat ini masih melobi partai politik.
Hal itu diungkapkan Pengamat Politik UIN Alauddin Makassar, Firdaus Muhammad, kepada para media, Kamis (01/12/2016). Menurutnya, dengan kekuatan 18 kursi yang dimiliki Golkar, mampu memenuhi syarat pencalonan tanpa harus berkoalisi dengan partai lain, hal ini membuat peluang Nurdin Halid untuk bertarung cukup besar.
“Dari sekian banyak nama yang muncul, cuma NH yang dianggap memiliki peluang besar, ketimbang kandidat lainnya,” kata Firdaus.
Dengan kekuatan ini, kata Firdaus, Golkar bisa saja menarik partai lain untuk melakukan koalisi. Apalagi kedekatan NH dengan elite partai di DPP dapat membuka ruang untuk membangun koalisi dengan partai lain seperti PAN, Gerindra, NasDem, Demokrat serta beberapa partai lain.
“Bukan cuma kekuatan 18 kursi yang di miliki NH, akan tetapi kedekatan NH dengan elite di pusat mampu mempengarui partai lain berkoalisi dengan Golkar di Pilgub,” Jelas Dosen Komunikasi Politik UIN itu.
Firdaus menambahkan, dengan posisi NH sebagai ketua Harian Partai Golkar mampu memikat partai papan atas menjadi koalisi.
“Nanum semua dikembalikan kepada NH sendiri, apakah dia akan siap bertarung atau tidak. Sampai saat ini NH belum secara gamblang menyampaikan dirinya akan maju di Pilgub Sulsel, ataukah beliau menunggu respon baru berkata siap maju.” jelas Firdaus. (Wan)

BAGIKAN:

jasa pembuatan website makassar