3 Manfaat Donor Darah Bagi kesehatan

Donor Darah

Kabarmaspul.com- Donor darah bisa menyelamatkan nyawa setiap orang yang membutuhkannya. Agar stok darah terus tersedia, orang yang sehat tak perlu ragu untuk menyumbangkan darahnya. Apapun golongan darahnya, yakni A, B, AB, dan O pasti selalu dibutuhkan.
Selain bermanfaat untuk orang lain, manfaat donor darah bahkan dapat dirasakan oleh pendonor itu sendiri. Berikut ini manfaat donor darah seperti dikutip dari Medical Daily.
1. Sehatkan jantung
Aliran darah yang lancar baik untuk kesehatan jantung. Nah, menurut Blood Flow Online, menyumbangkan darah secara teratur dapat mengurangi ketebalan dan kelengketan darah, sehingga memungkinkan aliran darah lebih lancar di pembuluh darah, termasuk di daerah jantung.
Sementara itu, dalam penelitian yang diterbitkan di American Journal of Epidemiology menunjukkan, mereka yang rutin mendonorkan darah memiliki risiko 88 persen lebih rendah terkena serangan jantung dibanding mereka yang tidak pernah menyumbangkan darahnya.
2. Menurunkan risiko kanker
Penumpukan zat besi dikenal dapat meningkatkan bahaya radikal bebas dalam tubuh yang memicu kanker. Zat besi merupakan salah satu mineral yang terkandung dalam darah.
Dengan begitu, mendonorkan darah sama saja dengan mengurangi simpanan zat besi sekaligus menurunkan risiko kanker.
Menurut The Miller-Keystone Blood Center, konsisten mendonorkan darah dapat menurunkan risiko berbagai jenis kanker, seperti kanker hati, paru, usus besar, dan tenggorokan.
3. Menurunkan berat badan
Bonus dari rutin mendonorkan darah adalah penurunan berat badan. Menurut LiveStrong, seseorang bisa membakar sekitar 650 kalori setiap mendonorkan 1 liter darah. Jumlah kalori yang dibakar itu mungkin lebih banyak dibanding lari selama 30 menit.


Namun, bukan berarti Anda menjadi terlalu sering mendonorkan darah agar lebih kurus. Ada ketentuan mendonorkan darah untuk menjaga kadar zat besi yang sehat dalam tubuh.(Fitri)

BAGIKAN:

jasa pembuatan website makassar