Bahaya Pendingin Ruangan Bagi Kesehatan

Efek Pendingin Ruangan

Kabarmaspul.com- Kondisi udara yang semakin panas ditambah dengan padatnya penduduk membuat semakin banyak orang memilih memakai pendingin ruangan di rumah. Hanya saja, banyak orang tidak tahu bahwa berada di ruangan ber-AC memicu berbagai penyakit.
Berikut beberapa jenis penyakit yang akan timbul bila kita sering berada di ruangan ber-AC, sebagaimana dilansir Boldsky.
1. Penyakit paru
Penyakit paru menjadi salah satu dampak buruk dari seringnya berada di dalam ruangan ber-AC. Alasannya, AC mampu membuat perubahan suhu dan kelembaban secara mendadak. Perubahan mendadak inilah yang bisa mengganggu kesehatan sistem pernapasan.
2. Masalah kulit
Terlalu lama di ruangan berpendingin akan memicu masalah kesehatan kulit dan menyebabkan kulit kering sehingga kelembaban alami kulit dan selaput lendir di dalam kulit bermasalah.
3. Alergi
Udara kotor dan debu yang ada di dalam ruangan ber-AC bisa memicu alergi. Tidak hanya itu, udara juga menjadi tidak sehat karena tidak ada sirkulasi udara dalam ruangan.
4. Flu
Tubuh mudah terserang flu karena terlalu sering di ruangan berpendingin. Penyebabnya virus penyakit yang dibawa oleh orang yang sedang sakit flu tidak dapat keluar karena tidak adanya sirkulasi.
5. Mata kering
Udara ber-AC juga dapat membuat penyakit mata seperti konjungtivitis dan blepharitis serta memicu masalah kesehatan mata bagi para pemakai lensa kontak.
6. Tidak tahan dengan udara panas
Tubuh tidak kuat lagi menahan udara panas karena sering terkena AC. Akibatnya, kita mudah berkeringat berlebihan ketika udara panas. Sebagai solusi, sebaiknya kurangi penggunaan penyejuk udara dan perbanyak melakukan aktivitas di ruangan terbuka sehingga tubuh merasakan kesegaran udara yang alami. Selain itu, matahari di pagi atau sore hari juga sangat baik bagi kesehatan.(Kiki)

BAGIKAN:

jasa pembuatan website makassar