Kopertis Jadi L2DIKTI Melayani PTS Dan PTN

Rakerda Kopertis IX

Kabarmaspul.com- Rakerda Kopertis IX Sulawesi digelar Kamis-Sabtu (26-28/1/2017) di Bira Bulukumba, membahas status peralihan kelembagaan jadi Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (L2DIKTI)
Pembukaan rakerda tahunan ini Kamis (26/1/2017) dilakukan Kordinator Kopertis Wilayah IX Sulawesi, Prof Dr Ir Andi Niartiningsih MP, turut dihadiri Sekpel Kopertis Wilayah IX Dr Hawignyo MM serta pada pejabat dan pegawai Kopertis IX.
Andi Niartiningsih dalam sambutan pembukaan menegaskan, sesuai amanat UU Pendidikan Tinggi No 12/2012, implementasi dari UU itu sudah harus diberlakukan dua tahun sesudah diundangkan, tetapi rupanya tahun 2017 baru akan segera direalisasikan, katanya.
Perubahan status Kelembagaan dari Kopertis jadi LD2DIKTI akan memberi tugas dan tanggung jawab yang semakin besar. Pelayanan kepada PTS dan PTN menjadi sasaran utamanya, terutama PTN non BHN, ungkap mantan Dekan Fakultas Perikanan Unhas ini.
Menyambut perubahan status ini maka ada beberapa hal harus mendapat perhatian utama, kesiapan SDM Kopertis melayani nomenklatur yang berubah itu
”Jangan sampai ada kesan pelayanan setelah beralih jadi L2DIKTI malah semakin mengendor ”kata Andi Niar.
Peralihan status Kelembagaan itu menjadikan tugas L2DIKTI bertambah karena ada tugas Kemenristekdikti didelegasikan ke lembaga yang baru itu. Tugas tersebutb di antaranya: izin prodi baru serta proses kenaikan pangkat akademik semua diproses dilembaga baru itu kecuali untuk urus Guru Besar masih di Kemenristekdikti, ungkapnya.
Ketua panitia pelaksana rakerda, Drs Mustafa MM dalam laporannya mengatlan, peserta rakerda sebanyak 104 orang berasal dari seluruh pegawai Kopertis IX serta ketua unit-unit pengembangan yang ada di jajaran Kopertis IX.(Fitri)

BAGIKAN:

jasa pembuatan website makassar