Kopi Hitam Bisa Ringankan Sakit Kepala

Ilustrasi

Kabarmaspul.com- Berita baik bagi Anda pecinta kopi! Minuman berkafein ini ternyata berkhasiat meringankan sakit kepala. Namun untuk merasakan manfaat tersebut, Anda tidak boleh mengonsumsinya secara sembarangan.
Kopi dapat meringankan sakit kepala karena mengandung kafein. Kafein juga merupakan kandungan beberapa obat penghilang rasa sakit, yang beredar secara bebas –seperti ibuprofen dan acetaminofen.
Kandungan kafein bersamaan dengan obat-obatan tersebut dapat meningkatkan efektivitas obat sebanyak 40%. Di samping itu, kafein juga dapat menurunkan peradangan dan mengurangi sakit kepala yang Anda rasakan.
Salah satu penyebab sakit kepala adalah terjadinya pelebaran pembuluh darah pada kepala. Di sisi lain, kafein mengandung senyawa yang dapat mengecilkan pembuluh darah, mengurangi aliran darah, dan mengurangi rasa sakit di kepala Anda. Mengejutkan, bukan?
Namun jangan salah. Meski kopi dapat membantu meredakan sakit kepala, Anda harus tetap berhati-hati. Ini karena konsumsi kopi berlebihan justru dapat menjadi pencetus sakit kepala.
Kafein, yang terkandung dalam kopi, memang tidak mencetuskan secara langsung sakit kepala. Namun zat ini dapat mencetuskan keadaan “caffein rebound”. Artinya, konsumsi kafein berlebihan dapat menyebabkan sakit kepala, khususnya jika dikonsumsi dalam jumlah yang terlampau banyak.
Bagi pecinta kopi, Anda dianjurkan untuk tidak mengonsumsi kafein melebihi 200-300 mg/hari. Jumlah ini setara dengan 2-3 gelas kopi reguler. Sebagai gambaran, segelas espresso (sekitar 30 cc) mengandung 30-50 mg kafein. Sedangkan kopi instan mengandung 47-68 mg kafein setiap takaran saji.
Jadi, jika Anda ingin merasakan manfaat kopi untuk meringankan sakit kepala, tetap ingat untuk mengonsumsinya secara bijak.(Fitri)

BAGIKAN:

jasa pembuatan website makassar