Altivis Sebut Danny Sudah Membangun Pondasi Perangi Korupsi


Kabarmaspul.com- Predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) adalah bukti berjalannya sistem pencegahan korupsi dengan baik. Korupsi masih mungkin terjadi, namun sistem yang dibangun Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto ini, telah menutup banyak peluang-peluang penyimpangan.
“Menghilangkan korupsi 100 persen mungkin tidak.Tapi celah-celah besar itu telah ditutup.Di sini tampak sistem yang dibangun Danny lebih menjamin,”sebut Andi Afdal Pangeran, aktivis yang juga pendiri Gerakan Sulsel Melawan Korupsi
Menurut Afdal, Danny telah membangun sebuah sistem yang menjadi pondasi dalam mencegah korupsi di birokrasi.Setidaknya, terobosannya lebih riil.
“Ini memag belum sepenuhnya bisa dikatakan berhasil karena baru masuk tahun kedua.Kita akan lihat di akhir periode nanti,”ungkap Afdal.
Indikatornya kata Afdal, ada beberapa poin.Pertama, tidak ada lagi kepala unit kerja yang terjerat kasus korupsi seperti periode-periode sebelumnya.
Kedua, predikat WTP bisa dipertahankan.Ketiga, penjabaran APBD lebih riil dan lebih terarah pada pos-pos yang bersentuhan langsung dengan kepentingan publik.
“Artinya tidak ada lagi pos anggaran yang mubazir.Postur APBD benar-benar berpihak pada rakyat,” kata Afdal.
Mengapa WTP penting untuk diraih kembali? Menurut Afdal, secara administratif, WTP adalah farameter akuntabelnya pengelolaan keuangan daerah.
Ia sepakat, WTP bukan ukuran mutlak bahwa di daerah itu tidak ada korupsi, tetapi secara materil WTP membuktikan bahwa sistem pengelolaan keuangan sudah sesuai standar.Adapun jika masih terjadi korupsi, itu karena modus yang berkembang.
“Saya lebih melihat pada sistemnya.Yang dibangun Pak Danny adalah sistem.Logikanya semakin ketat sistem,semakin sempit ruang melakukan penyimpangan,”sebut Afdal.
Ke depan, pencegahan korupsi harus lebih komprehensif.Tidak sekadar membangun sistem, melainkan menanamkan kesadaran dan membentuk pola pikir antikorupsi.
Lima tahun menurut Afdal, mungkin tidak cukup.Tradisi antikorupsi di aparatur itu butuh waktu panjang. Dibangun dari orang per orang,kemudian menjadi komitmen yang melembaga.
“Yang penting sekarang pondasinya sudah dibangun Danny.Tinggal kesadaran itu ditularkan kepada semua aparatur pejabat dalam menjalankan amanah,”jelas Afdal.(Wan)

BAGIKAN:

jasa pembuatan website makassar