BMKG: Waspada Cuaca Ekstrim Sampai Akhir Februari

Cuaca Ekstrim

Kabarmaspul.com- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV menyebutkan, cuaca yang melanda Sulsel bebrapa hari ini terbilang ekstrim. Curah hujan tinggi dan disertai dengan angin kencang patut diwaspadai hingga akhir Februari di beberapa daerah di Sulsel, Minggu (5/2/2017).
Beberapa wilayah di Sulsel, seperti Parepare, Maros, Pangkep, Barru, Makassar, Jeneponto, Takalar dan Gowa diprediksi akan dilanda hujan lebat yang disertai dengan angin kencang dengan kecepatan angin di malam hari mencapai 28 km per jam. Selain curah hujan yang cukup tinggi, gelombang air laut pun akan meningkat.
“Di perairan Barat Sulawesi Selatan tinggi gelombang mencapai 1,25 – 2,5 meter. Demikian pula di selat Makassar Bagian selatan, Perairan Kep. Sabalana, Kep. Selayar dan Flores dimana gelombang air laut diperkirakan mencapai 2,5 – 4,0 meter,”ucap Kepala Sub Bidang Pelayanan Jasa BMKG Wilayah IV, Sujarwo
Bagi para nelayan, diimbau untuk memperhatikan cuaca sebelum melaut. Nelayan juga diminta tetap mewaspadai tingginya gelombang.
“Bulan Januari dan Februari memang puncak musim hujan, sehingga patut diwaspadai,”jelas Sujarwo.
Selain itu, beberapa hal yang patut diperhitungkan yakni kemungkinan terjadinya bencana semisal longsor dan banjir.(Fitri)

BAGIKAN:

jasa pembuatan website makassar