Cara Memilih Ikan Segar

Ikan

Kabarmaspul.com- Ikan memiliki kandungan gizi yang tinggi, inilah yang menyebabkan ikan merupakan salah satu makanan yang baik untuk di konsumsi. Dengan memiliki kandungan gizi yang tinggi, maka ikan akan mudah membusuk dan cepat rusak.
Daging Ikan mengandung protein yang berkualitas tinggi dengan jumlah yang cukup dari semua asam amino esensial, dan rendah lemak. Daging ikan kaya akan asam lemak esensial omega-3 yang memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung dan otak.
Sumber utama vitamin D alami yang terkandung dalam minyak ikan.
Untuk keperluan memasak diperlukan ikan yang benar-benar segar, disamping rasanya akan lebih lezat, kandungan gizinya pun lebih baik. Namun masih banyak ibu-ibu atau para pembeli ikan yang belum bisa memilih ikan yang segar, terutama ikan yang sudah mati.
Berikut kabarmaspul.com merangkum 7 tips memilih ikan yang segar sebelum berbelanja di pasar maupun tempat lainnya.
1. Perhatikan Mata Ikan
Pilihlah ikan yang memiliki mata cerah dan tidak cekung. Jika sudah pudar, kita harus curiga ikan sudah mengalami penurunan kesegaran.
2. Tekstur Daging Ikan
Ikan yang segar memiliki tekstur yang padat dan elastis. Jika kita tekan dan daging ikan kembali ke bentuk semula berarti ikan masih bagus demikian sebaliknya.
3. Cium Bau Ikan
Ikan yang sudah busuk mengeluarkan bau yang menyengat seperti amonia.
4. Warna Insang Pada Kepala Ikan
Warna insang ikan segar adalah merah cemerlang. Jika sudah mengalami kemunduran mutu, insang ikan berwarna merah kecoklatan dan berlendir tebal.
5. Warna Kulit Ikan
Perhatikan warna kulit Ikan, jika ikan sudah mengeluarkan lendir yang keruh dan kulit berwarna pudar, maka ikan sudah mengalami penurunan kesegaran.
6. Sisik Ikan
Sisik ikan segar masih kuat melekat kuat dan mengkilat, sisik masih utuh tidak banyak yang lepas


7. Sirip dan Kulit
Sirip dan kulit ikat segar pastinya kuat atau tidak mudah robek, terutama pada bagian perut.(Kiki)

BAGIKAN:

jasa pembuatan website makassar