Ini Kriteria Pendamping Bro Rivai DI Pilgub SulSel

Bro Rivai
.
Kabarmaspul.com- Bakal Calon Gubernur Sulsel DR Ir , Abdul Rivai Ras MM MS MSi atau lebih akrabnya Bro Rivai membulatkan tekad maju di Pilgub Sulsel 2018 mendatang. Ia pun sudah mengantongi sejumlah nama calon pasangannya
Mantan Staf Khusus Sekretaris Militer Presiden era Susilo Bambang Yudhoyono ini menjelaskan, nama-nama tersebut ‎merupakan tokoh-tokoh Sulsel berpengaruh baik pria maupun wanita. Hanya saja, nama nominasi-nominasi itu masih bersifat rahasia.
“Dalam penjaringan kami secara interen sudah kita kerjakan (penggodokan calon wakil.red). Cuma kita harus nominasikan dulu siapa yang punya kekuatan luar biasa untuk bisa mendongkrak elektabilitas dan mendongkrak ‎dukungan partai politik,”‎ kata Bro Rivai, Kamis (16/2/2017).
Nama calon wakil gubernur, lanjutnya, ‎baru akan dipublikasikan beberapa hari sebelum pendaftaran, sekitar 8 bulan sebelum hari H pencoblosan.
“Pasangan ini tidak boleh terburu-buru ditetapkan karena tentu ada nilai politis dan non politis yang mengikuti. Nilai politisnya, ia harus bisa menambah elektabilitas saya, nilai non-politisnya, ‎kami harus memiliki visi yang sama,” kata Bro Rivai, Kamis (16/2/2017).
Ia membeberkan sejumlah kriteria yang menjadi indikator penentu siapa yang cocok mendampingi perwira TNI berpangkat kolonel ini maju di Pilgub.
“Pertama, ia harus punya relasi dengan partai politik. Karena menjadi calon gubernur kendaraannya harus partai politik, sekalipun ada jalur independen,‎ saya tidak percaya itu (jalur perseorangan.red) buat maju di Pilgub Sulsel. Mau ia partisan parpol atau bukan, itu urusan lain. Apalagi kalau dia ketua partai, tentu lebih dipertimbangkan,” kata pendiri Universitas Pertahanan (Unhan) yang juga dosen pascasarjana Universitas Indonesia (UI).
Kriteria kedua, lanjutnya, adalah rekam jekak yang bersih‎ dari korupsi, kolusi dan nepotisme. Pasalnya, bagi Bro Rivai, Provinsi Sulsel baru akan maju bila dinahkodai oleh pemimpin yang bersih. Nilai jual pasangan juga akan bertambah bila tak satupun diantara calon gubernur dan wakil gubernur yang cacat nama baiknya.
‎Ketiga, calon wakil harus cocok secara geopolitik dengan Bro Rivai. Sebagai putra daerah Bone, Bro Rivai tentu berharap wakilnya berasal dari daerah utara atau selatan Sulsel.
‎Terakhir, tentu dia harus punya pengalamanlah dalam birokrasi. Dia mengerti birokrasi. Karena ini bukan memimpin organisasi sosial, bukan memimpin organisasi kecil. Ini organisasi di bawah struktur negara. Karena itu harus punya kemampuan birokrasi yang baik,”jelas alumni Teknik Arsitektur Universitas Hasanuddin (Unhas)‎ ini.(Wan)

BAGIKAN:

jasa pembuatan website makassar