Ini Manfaat Minum Kopi Setiap Pagi

Ilustrasi

Kabarmaspul.com- Banyak perdebatan tentang baik-buruknya mengkonsumsi kopi untuk kesehatan, namun dalam sebuah studi terbaru yang diterbitkan di Time dan dalam sebuah jurnal Nature Medicine menemukan sesuatu yang menggembirakan.
Ternyata secangkir kopi di pagi hari justru dapat mencegah penuaan yang terjadi pada tubuh. Sebuah penelitian yang dipimpin oleh David Furman, profesor di Institute for Immunity, Transplantation and Infection, Stanford University mengatakan bahwa peminum kopi memiliki satu kelebihan yang tidak dimiliki oleh orang lain, terutama pada masalah penuaan.
David dan timnya menganalisis sampel darah dari 100 individu, muda maupun tua, dan menemukan bahwa orang yang lebih tua cenderung memiliki masalah penuaan kronis, seperti diabetes, jantung, dan hipertensi. Sedangkan orang tua yang menunjukkan tingkat lebih rendah pada berbagai penyakit di atas terbukti memiliki rutinitas minum kopi.
“Orang yang lebih banyak minum kafein adalah orang yang semakin terlindungi terhadap penyakit kronis,” papar David.
David mengungkapkan kebiasaan minum kopi membuat para lanjut usia memiliki tingkat peradangan tubuh yang rendah. “Semakin banyak minum kopi, semakin mereka terjaga dari peradangan tubuh tingkat kronis,” katanya.
Namun uniknya dari hasil studi ini orang tua yang memiliki tingkat peradangan rendah punya satu kesamaan. Mereka sama-sama rutin minum kopi. Minum beberapa cangkir kopi per hari menunjukkan aktivitas peradangan sangat rendah. Peneliti mengatakan kehadiran kafein menghambat jalur peradangan ini.
Minum kopi dua sampai empat cangkir per hari, dengan masing-masing cangkir mengandung 100 mg kafein itu baik. Dr. Johnson, Profesor dari Johns Hopkins University, kopi sekitar jumlah itu sehari dapat menurunkan tingkat depresi.
Jadi, sekarang Anda bisa menikmati setidaknya secangkir kopi dalam sehari untuk mencegah penyakit penuaan. Kabar baik, bukan?(Kiki)

BAGIKAN:

jasa pembuatan website makassar