Kampanye Akbar ,Kunci Kemenangan Bur-Nojeng

Massa Kampanye Bur-Nojeng

Kabarmaspul.com- Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Takalar nomor urut satu, Burhanuddin Baharuddin – Natsir Ibrahim (Bur-Nojeng) hampir dipastikan mengunci kemenangan pada hari pencoblosan 15 Februari mendatang.
Pasangan petahana ini mengunci kemenangan bersamaan dengan kampanye akbar yang dilaksanakan di lapangan Kecamatan Galesong, Jumat (10/2/2017).
Kampanye Bur-Nojeng yang dihadiri kurang lebih 65 ribu masyarakat memberikan bukti pasangan ini akan kembali menduduki kursi Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Takalar untuk periode 2017-2022.
Kampanye ini pun dikuatkan dengan rilis survei terakhir yang dilaksanakan Celebes Research Center (CRC) pada 4-7 Februari 2017 lalu, menempatkan Bur-Nojeng akan keluar sebagai pemenang Pilkada Kabupaten Takalar.
Elektabilitas petahana mencapai 61,3 persen dan pasangan SK-HD cuma 29,8 persen. Adapun, responden yang tidak memberikan jawaban sekitar 8,9 persen.
Survei CRC dilaksanakan dengan melibatkan 450 responden dengan metode penarikan sampel multistage random sampling. Toleransi tingkat kesalahannya sangat kecil berkisar +/- 4,5 persen pada selang kepercayaan 95 persen. Sampel berasal dari sembilan kecamatan di Kabupaten Takalar yang terdistribusi secara proporsional.
Hasil survei ini disampaikan langsung Direktur CRC, Herman Heizer disela-sela konferensi pers di Kantor CRC, Jalan Adhiyaksa 4, Jumat (10/2/2017.
Pemenang di Pilkada Takalar 2017 adalah pasangan Burhanuddin Baharuddin-Natsir Ibrahim. “Dengan catatan, tidak ada gerakan yang berlebihan di masa tenang kampanye hingga masa pencoblosan,” tegas Herman.
Kampanye Akbar, Bur-Nojeng Kunci Kemenangan
Kampanye Akbar, Bur-Nojeng Kunci Kemenangan
Sementara Direktur Riset CRC, Andi Wahyuddin, menjelaskan lingkup penelitian hanya dipusatkan pada masyarakat Kabupaten Takalar yang sudah memiliki hak pilih yakni berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara tatap muka langsung (face to face) menggunakan kuisioner pada 4-7 Februari lalu.
Masih merujuk hasil survei CRC, tingkat kedisukaan dan kualitas calon juga menunjukkan Bur-Nojeng unggul di atas SK-HD. Rinciannya, Bur unggul pada angka 91 persen, jauh dari perolehan Syamsari 78,6 persen. Bahkan, tingkat kedisukaan Nojeng masih lebih baik pada angka 85 persen dan tentunya diatas HD sebesar 75,6 persen.
Hasil survei CRC juga memotret keyakinan pendukung atas paslon pada Pilkada Takalar. Hasilnya, 45,7 persen responden menjawab cukup yakin dan 37,9 persen lainnya menjawab sangat yakin. Sisanya yakni 14,1 persen menjawab tidak tahu, 1,18 persen menjawab kurang yakin dan 0,4 persen menjawab tidak yakin.
Bila ditelisik lebih dalam lagi, pendukung paslon yang cukup yakin dan sangat yakin berasal dari pasangan Bur-Nojeng. Untuk jawaban cukup yakin mencapai 63,7 persen di atas jawaban pendukung SK-HD yang hanya 32,8 persen. Lalu, pendukung paslon yang menjawab sangat yakin dari pasangan petahana menembus 66,3 persen dan pendukung SK-HD sebesar 30 persen.
Berdasarkan hasil survei CRC, Wahyuddin mengungkapkan bisa terlihat pula tingkat kepercayaan para pendukung. Tercatat 25,8 persen pendukung paslon tercatat sangat kuat, lalu 4 persen yang dukungannya lemah dan 8,9 persen respon menjawab tidak tahu, tidak menjawab ataupun merahasiakannya.(Zul)

BAGIKAN:

jasa pembuatan website makassar