Tips Jadi Mahasiswa Berprestasi


Kabarmaspul.com- Nilai ujian selalu memuaskan, lulus di semua mata kuliah yang diambil, dan dapat nilai indeks prestasi di atas rata-rata. Siapa yang tak mau?
Umumnya, semua mahasiswa pasti berharap bisa meraih ketiga hal tadi. Untuk mencapai itu, tentu harus disertai dengan kemauan dan usaha. Berikut beberapa saran yang bisa kamu ikuti agar berprestasi saat kuliah:
#BELAJAR
Dosen selalu menganjurkanmu untuk melakukan ini. Tapi, percayalah. Hal itu memang benar-benar membantumu. Ada dua alasan kuat kamu harus belajar:
1. Mampu mengingat informasi penting yang mungkin muncul dalam tes atau ujian.
2. Siap untuk apa pun yang mungkin muncul dalam tes dan ujian.
Kamu termasuk tipe orang yang sulit konsentrasi saat belajar? Ada triknya agar bisa menyerap ilmu dengan nyaman:
1. Pergi ke tempat yang tenang dan nyaman. Misalnya, kamar tidur, perpustakaan, atau kedai kopi.
2. Catat informasi penting seputar pelajaran yang dibahas. Studi menunjukkan jika kamu menulis atau membuat catatan maka kamu secara otomatis akan mengingat lebih mudah.
3. Jangan terlalu sering mendengarkan musik saat belajar. Ini akan membuat fokus dan konsentrasimu buyar, sehingga sulit mengingat apa yang sudah dibaca atau ditulis.
#KERJAKAN TUGAS
Dengan mengerjakan tugas, tak pasti membaca ulang buku dan catatan. Jadi, secara tak langsung kamu telah mengulang pelajaran yang sudah dijelaskan oleh dosen. Berikut adalah beberapa cara agar kamu tetap fokus saat mengerjakan tugas:
1. Singkirkan segala bentuk gangguan
Enyahkan ponsel, tablet, komputer dan televisi, kecuali jika kamu membutuhkan perangkat tersebut dalam mengerjakan tugas.
Perangkat elektronik bisa membuatmu sulit fokus Anda pada tugas yang dikerjakan.
2. Jangan terburu-buru saat mengerjakan tugas
Kamu mungkin ingin segera menyelesaikan tugas, tapi mengerjakannya secara terburu-buru tidak akan menguntungkan. Jika kamu tidak fokus, waktu pengerjaan akan lebih lama dan hasilnya pun kurang maksimal.
#BERTANYA
Tanyakan kepada dosen atau pengajar jika kamu bingung tentang suatu materi, dan tugas mereka untuk menjawab. Jangan malu-malu, karena kebanyakan pengajar senang untuk membantu. Ajukan pertanyaan pada hal-hal yang tidak kamu mengerti, di mana kamu butuh bantuan, atau kamu tidak tahu. Pengajar pasti akan memberitahu kamu segala sesuatu yang mereka tahu.
#BUAT CATATAN
Buat catatan informasi-informasi penting dari penjelasan dosen atau pengajar, yang mungkin muncul pada ujian. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, menulis catatan membuat kamu lebih mudah untuk mengingat. Berikut adalah kegunaan dari mencatat:
1. Dosen atau pengajar mungkin memberikan petunjuk tentang apa yang mungkin akan keluar pada ujian.
2. Hal yang kamu tidak tahu. Dengan cara ini kamu akan ingat materi apa saja yang sekiranya kamu belum tahu, materi yang kamu belum paham betul, dan sebagainya.
3. Buku yang perlu dibaca. Ketika dosen atau pengajar memberikan referensi buku yang perlu kamu baca, buat catatan agar kamu tidak lupa.
#POSISI DUDUK DI KELAS
Ada istilah, “posisi menentukan prestasi”. Biasanya istilah ini digunakan saat menghadapi ujian. Maksudnya adalah mendapatkan posisi tempat duduk yang aman dari perhatian pengawas ujian.
Tapi, istilah ini juga berlaku saat belajar di kelas. Posisi duduk di barisan depan bisa membantu kamu melihat lebih jelas apa yang dosen atau pengajar tulis di papan. Duduk di barisan depan juga bisa membantumu mendengar lebih jelas materi yang dijelaskan.

BAGIKAN:

jasa pembuatan website makassar