Akankah RMS Mendampingi IYL Di Pilgub SulSel 2018?

RMS

Kabarmaspul.com- Siapa yang bakal jadi pendamping Ichsan Yasin Limpo di pilgub 2018, baru akan diputuskan pada April mendatang. Namun, kalkulasi politik dari banyak pengamat menempatkan nama Rusdi Masse (RMS) sebagai figur yang paling mungkin.
“Hitungan-hitungannya memang tidak mudah, tapi untuk saat ini Rusdi Masse yang paling berpeluang. Ada juga Cakka (Andi Mudzakkar, Bupati Luwu). Tergantung, ada plus minus keduanya,”kata pengamat politik Firdaus Muhammad.
Senada dengan Firdaus, Juanda H Alim juga melihat, figur pilihan Ichsan YL paling dekat kepada RMS.
Juanda memaparkan, Ichsan YL-RMS punya kekuatan sosiologis dan tradisionil yang seimbang. Secara sosiologis, RMS merepresentasi suku Bugis, terutama wilayah Ajatappareng.
Setidaknya, ada tiga daerah yang berpeluang ia rebut, di antaranya Sidrap, Parepare dan Pinrang. RMS juga memiliki basis riil di kelompok pemilih tradisionil.
“Tentu ini akan jadi pertimbangan Ichsan YL,” jelasnya.
Sementara Ichsan YL, jelas adalah kekuatan utama di wilayah Selatan Selatan saat ini. Secara sosiologis, Ichsan masih sulit tertandingi di Selatan Selatan, kecuali Bantaeng yang mungkin direbut oleh Nurdin Abdullah pada kelompok pemilih rasional.
“Tapi Ichsan punya pemilih tradisionil yang mengakar. Dia masih kuat karena faktor trah Yasin Limpo. Di Gowa dan Takalar, terutama merupakan basis keluarga,”kata Juanda.
Antara Ichsan dengan RMS tidak jauh berbeda dalam sisi ini. RMS juga memungkinkan masih mengendalikan birokrasi karena dua periode menjadi bupati.
Karena itu, jika keduanya menjadi pakem di pilgub, bisa sangat kompetitif. Juanda juga yakin, akan banyak partai besar merapat ke pasangan ini.
“Nasdem pasti. PAN sudah beri sinyal. PPP saya rasa sangat mungkin. Apalagi PDIP,” sebut Juanda.
Kelemahan pasangan ini adalah wilayah Bugis Bosowasi (Bone, Soppeng, Wajo, Sinjai). Ichsan jelas tidak memiliki basis kuat di Bosowasi. Begitu juga RMS.
Mereka hanya bisa menjaring suara dari mesin partai yang bekerja. Untuk suara sosiologis dan rasional, mereka lemah di daerah Bosowasi.
“Di sini secara sosiologis pasti direbut Nurdin Halid. Untuk kalangan pemilih rasional Nurdin Abdullah,” jelasnya.(Wan)

BAGIKAN:

jasa pembuatan website makassar