Antisipasi Pengangguran,Disnaker Bakal Menggelar Diklat Sertifikasi

Irwan Bangsawan

Kabarmaspul.com- Sesuai data Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Makassar tahun 2016, dari 1,7 juta jiwa penduduk Makasar, 6,64 persen atau 71.306 jiwa diantaranya masih berstatus pengangguran.
Kepala Disnaker Kota Makassar, Irwan Bangsawan mengatakan, tingginya jumlah pengangguran akibat Sumber Daya Manusia yang masih kurang. Untuk itu, kata dia, pihaknya akan menggelar pendidian dan latihan (Diklat) yang bersertifikasi.
“Diklat ini nantinya untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat. Materi yang diberikan juga sesuai dengan apa yang dibutuhkan di dunia kerja,” jelasnya.
Peserta diklat ini nantinya akan mendapatkan sertifikasi kompetensi. Dengan begitu, tambahnya mereka akan mudah mendapatkan pekerjaan.
“Angkatan kerja di Kota Makassar mencapai 12.2 persen setara dengan 526.000 jiwa dengan jumlah pencari kerja sebesar 120.000 jiwa,”sebutnya.
Saat ini, tambah Adnan, Disnaker Makassar berupaya mengantongi akreditasi dari BNSP. Ini dilakukan agar dapat menerbitkan sertifikat kompetensi untuk profesi tertentu.
“Misalnya sertifikat keahlian operator alat berat atau karyawan hotel,” tutupnya.(Kiki)

BAGIKAN:

jasa pembuatan website makassar