Berikut Sisi Baik Dan Kekurangan Jika Iksan YL-Cakka Paket Di Pilgub SulSel 2018

Andi Muzakkar(Cakka)

Kabarmaspul.com- Kans Rusdi Masse mendampingi Ichsan Yasin Limpo di pilgub menempati urutan prediksi tertinggi. Namun, satu nama lainnya, yakni Andi Mudzakkar turut mengisi daftar figur yang paling diperhitungkan. Nah, ini plus minusnya jika pilihan jatuh pada Bupati Luwu itu.
Rusdi Masse masih menempati tingkat popularitas tertinggi, di atas figur-figur lain, calon pendamping Ichsan YL. RMS unggul jauh dari Cakka di daerah Ajatappareng (berdasarkan prediksi pengamat), .
Satu-satunya kantong suara sosiologis RMS di wilayah Bugis yang relatif rendah adalah Bone, Soppeng, Wajo dan Sinjai (Bosowasi). Namun, Bupati Sidrap ini masih mungkin menaikkan tingkat elektabilitasnya lewat mesin Partai NasDem.
Andi Mudzakkar sendiri menjadi figur yang paling mendekati popularitas RMS. Cakka, sapaannya memiliki kantong suara rill tradisionil dan sosiologis di wilayah Luwu, Palopo dan Luwu Utara, termasuk sebagian wilayah Bosowasi yang menjadi titik lemah suara Ichsan YL.
“Plus itu, Cakka bisa menutupi kekurangan Ichsan di Bosowasi, Pangkep dan Wajo. Ini karena faktor trah Kahhar Mudzakkar,” jelas LM Muhammad Arbi, peneliti sosial politik publik dari Lembaga Kajian Politik Indonesia Timur,Rabu (15/3/2017).
Menurut Arbi, selain daerah Luwu, pemilih tradisionil di Bosowasi, Wajo, Pangkep dan Bulukumbu, berpeluang ditutupi Cakka karena embel-embel Kahhar. Kantong-kantong suara di daerah tersebut merupakan pemilih fanatik Aziz Qahhar Mudzakkar di dua edisi pilgub.
“Kalau misalnya Aziz terjun langsung membantu Cakka, itu akan lebih progresif lagi. Bakal ada invasi suara yang besar ke Ichsan YL dari Bosowa, plus Wajo dan Pangkep,”kata Arbi.
Faktor-faktor kultur dan konvensional menurut Arbi, cenderung menguntungkan Cakka dibanding RMS. Namun, nilai minus Cakka adalah kekuatan suara pemilihnya yang terbilang labil, terutama di daerah Ajatappareng.
“Ia bisa dengan mudah digerus di Sidrap, Pinrang dan Parepare karena pengaruhnya secara psikologi berbeda dengan Aziz,” jelas Arbi.
Sebenarnya, trah Kahhar Mudzakar sangat diperhitungkan di Ajatappareng, karena Kahhar pernah menancapkan pengaruh di sana. Akan tetapi ada perbedaan cara pandang masyarakat secara psikis antara Cakka dan saudaranya, Aziz Kahhar.
Aziz mewakili basis religius Kahhar, sedang Cakka lebih cenderung berideologi nasionalis. Pemilih di Ajatappareng lebih condong ke Aziz karena faktor itu, dan tidak pada Cakka.
“Dulu Aziz bisa merebut suara signifikan di Ajatappreng, karena dia dianggap sebagai keturunan yang paling mendekati sifat-sifat ayahnya, religius. Orang masih memandang Aziz sebagai darah kental Kahhar,”sebutnya.
Ini sedikit berbeda dengan Cakka. Cakka dipandang tidak memiliki basis tradisionil religius, seperti yang dimiliki Aziz.
“Makanya suaranya di Ajatappareng saya perkirakan tidak sesignifikan Aziz,” ketusnya.
Lantas Ichsan akan menjatuhkan pilihan pada siapa? Arbi senada dengan pengamat politik Juanda H Alim, bahwa RMS adalah figur yang paling perpeluang.
“Masih prediksi dini. Peluangnya berubahnya sekitar 20 persen. 80 persen itu saya prediksi sudah klop RMS,”jelasnya.(Wan)

BAGIKAN:

jasa pembuatan website makassar