Eksepsi Tertolak, Sidang Sengketa Pilkada Takalar Dilanjut


Kabarmaspul.com- Sidang Perselisihan Hasil Pemilihan (PHP) Kabupaten Takalar yang sedang berlangsung di MK akan memasuki tahapan pengucapan putusan dismissal (sela).

Namun berdasarkan jadwal sidang yang diumumkan di website resmi MK sampai pukul 16.00 Wita, dari 50 daerah yang mengajukan permohonan ke MK terdapat 43 kabupaten/kota/propinsi yang akan dibacakan putusannya pada sidang tanggal 3-5 April 2017 mendatang.

Artinya, terdapat 7 daerah Kabupaten/Kota/Propinsi yang tidak lagi dipanggil sesuai jadwal sidang tersebut. antara lain Kabupaten Takalar, Gayo Lues, Salatiga, Bombana, Jogja, My Brat, dan Provinsi Sulbar.

Kuasa hukum pemohon pasangan Burhanuddin Baharuddin-Natsir Ibrahim (Bur-Nojeng), Syamsuwardi, membenarkan bahwa hanya 43 pemohon yang diundang di sidang dismissal.

“Iya, sampai saat ini hasil kordinasi kami, baru 43 gugatan yang teragenda sidang dismisal,” kata Syam, Kamis (30/3/2017) via aplikasi WhatsApp.

Lebih jauh, Syam menjelaskan bahwa terkait putusan sela yang akan dibacakan terhadap 43 kab/kota/provinsi, pada prinsipnya terkait dengan eksepsi yang diajukan oleh pihak termohon dan pihak terkait baik eksepsi mengenai kewenangan mengadili dari MK, eksepsi kedudukan hukum/legal standing pemohon, maupun eksepsi tenggang waktu mengajukan permohonan.

Khusus untuk permohonan Kabupaten Takalar, menurut Syam, meskipun pihak termohon, dalam hal ini KPU Takalar, maupun pihak terkait mengajukan eksepsi tentang kewenangan MK untuk mengadili dan eksepsi gugatan yang dianggap kabur, namun dari jadwal yang diumumkan di website MK tidak terdapat panggilan sidang dismissal untuk permohonan sengketa Pilkada Takalar.

“Tapi sampai hari ini belum ada pemberitahuan sidang putusan sela yang disampaikan ke tim kuasa hukum Bur-Nojeng. Sehingga dengan demikian, maka dapat disimpulkan eksepsi termohon dan pihak terkait dikesampingkan majelis hakim MK,”katanya penuh optimis.

Selanjutnya, permohonan perselisihan hasil pemilihan (PHP) Kabupaten Takalar akan berlanjut pada proses agenda sidang berikutnya yaitu sidang pembuktian terhadap pokok perkara.(Wan)

BAGIKAN:

jasa pembuatan website makassar