Ini Cara Disdukcapil Makassar Hindari Pungli

Nielma Palamba

Kabarmaspul.com-  Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Makasar memiliki cara sendiri menghindari pungli. Salah satunya dengan memasang pengumuman pengurusan dokumen bebas biaya.
Kepala Disdukcapil Makassar, Nielma Palamba mengatakan, cara ini cukup ampuh menghindari pungli. Dengan adanya pengumuman ini, kata dia, masyarakat akan tahu tidak ada biaya yang dikenakan saat mengurus dokumen kependudukan.
“Kalau sudah ada pengumuman pasti masyarakat akan mempertanyakan jika ada pungutan. Makanya kami menilai cara ini cukup ampuh untuk menghindari pungli,” katanya saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (10/3/2017).
Lebih jauh, kata Nielama, selain memasang pengumuman bebas biaya, pihaknya juga senantiasa mengimbau warga melalukan pengurusan melalui loket. Dengan begitu, tambahnya, akan menekan angka percaloan di kantor tersebut.
“Kami mengimbau warga untuk melakukan pengurusan sendiri di loket kami. Jangan pernah menggunakan jasa calo, karena tentu akan dikenakan biaya oleh calo tersebut. Padahal sebenarnya tidak ada biaya,”jelasnya.(Wan)

BAGIKAN:

jasa pembuatan website makassar