Jalur Kereta Api Pare-Barru Akan Jadi Wahana Rekreasi


Kabarmaspul.com- Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo (SYL) beberapa waktu lalu telah menegaskan di tahun terakhir kepemimpinannya akan fokus pada pengawasan untuk penyelesaian sejumlah Mega Proyek yang ada di Sulsel. Setelah Underpass Simpang Lima Bandara, Syahrul juga menargetkan jalur Kereta Api (KA) rampung sepanjang 50 KM untuk tahap awal pada bulan April 2018 mendatang.

“Untuk tahap awal ditargetkan akan rampung di bulan April 2018, lebih cepat lebih baik, doakan ya, biar rampung sebelum Syahrul berhenti jadi Gubernur,” katanya pada awak media.

Ia juga mengatakan jika jalur Kereta Api sekitar Barru – Parepare ada perubahan desain, dari yang sebelumnya jalur KA hanya menyusuri Gunung, kini desainnya dirubah menembus gunung (terowongan) dan akan keluar di laut Parepare.

“Desain baru itu justru menjaga ekosistem tumbuhan yang ada di sekitar gunung, dan itu juga sudah disetujui Kementrian Perhubungan,”ujar mantan Bupati Gowa dua periode ini.

Adapun kedalaman terowongan akan dibuat sepanjang satu kilo meter dan untuk pengecoran dilakukan sepanjang 100 meter.

“Desain terowongan itu tidak konvensional, jadi jalur Makassar – Parepare dengan menggunakan kereta nantinya adalah bagian dari rekreasi.” Pungkasnya.

Syahrul yang tak lain Ketua Asosiasi Pemerintahan Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) ini menyebutkan jika pengerjaan jalur dimulai tahun ini dan untuk tahap awal akan selesai sepanjang 57 KM dengan anggaran Rp1,5 Triliun.
Terowongan itu, kata Syahrul berada di jalur Barru-Parepare dan gunung yang akan dibuatkan terowongan tidak termasuk hutan konservasi tapi hutan protek atau kawasan industri.

“Hal itu telah disetujui pusat dan itu berarti analisa anggaran pemprov cukup baik,”jelasnya.(Zul)

BAGIKAN:

jasa pembuatan website makassar