LDII Bina Mental Spiritual Warga Rutan Enrekang


Kabarmaspul.com- Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kabupaten Enrekang bekerjasama dengan pimpinan rumah tahanan (rutan) Kelas II B Enrekang dalam hal pembinaan mental dan spiritual warga binaan rutan.
Ketua LDII Enrekang Hermansyah SAg mengatakan, secara berkala, pihaknya akan mengutus dai LDII untuk menyampaikan ceramah agama kepada warga binaan lembaga pemasyarakatan (lapas). “Kedepan, setiap Rabu pukul 10.00 Wita, LDII akan mengirim mubalig untuk melakukan pembinaan di dalam lapas,” kata Hermasyah saat menyampaikan sambutan di Lapas Kelas II B Enrekang, Jalan Jenderal Sudirman No 505, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan, Rabu (1/3/2017).
Pihaknya optimis, upaya LDII ini akan membantu memperbaiki mental dan spiritual warga binaan lapas. “Saya optimis, melalui pembinaan agama, warga binaan akan lebih baik setelah keluar dari lapas,” ujarnya.
Di kesempatan pertama ini, Ketua LDII Kabupaten Enrekang Hermansyah bertatap muka dengan warga binaan. Pihaknya memperkenalkan metode pengajian, video profil, dan sejarah singkat LDII.
Hermansyah mengatakan, LDII siap membantu warga binaan memperdalam ilmu agama. “Sehingga mereka tidak perlu merasa canggung untuk kembali ke tengah-tengah masyarakat,” katanya.
Di tempat yang sama, Kepala Rutan Kelas II B Enrekang Tubagus M Chaidir berharap, melalui program pembinaan mental spiritual tersebut, warga binaan lapas dapat menyesuaikan diri ditengah masyarakat. “Sehingga mereka tidak terjerumus pada tindak kriminal yang sama atau bahkan yang lebih besar,” ujarnya.
Pihaknya berharap, setelah keluar dari lapas, hendaknya masyarakat bisa menerima kehadiran warga binaan. “Masyarakat supaya bisa menerima kehadiran warga binaan. Agar mereka mendapat perhatian,” katanya.
Kendala selama ini, kata Chaidir, saat keluar dari lapas warga binaan merasa terisolir. “Mereka merasa masih ada jurang pemisah yang lebar. Akibatnya, warga binaan mereka sulit bersosialisasi dengan masyarakat,”sebutnya.
Kerjasama antara LDII dengan Lapas Kelas II B Enrekang ini dilakukan setelah pimpinan kedua belah pihak bertemu pada Kamis (23/2/2017) lalu. Di kesempatan tersebut, Kepala rutan kelas II B Enrekang Tubagus M Chaidir mengundang Ketua LDII Kabupaten Enrekang Hermansyah dan sekretaris LDII Enrekang Samsir mengunjungi lapas.(Mat/Kiki)

BAGIKAN:

jasa pembuatan website makassar