Pelaku UKM: BULo Dongkrak Ekonomi Kratif

Walikota Makassar,Danny Pomanto

Kabarmsspul.com- Pelaku ekonomi menyambut baik terobosan ekonomi kerakyatan, Badan Usaha Lorong (BULo). Terobosan ini dinilai sangat produktif mendongkrak eksistensi ekonomi kreatif dan menopang pertumbuhan ekonomi Makassar.
“BULo bisa mendorong ekonomi rakyat tumbuh lebih efisien. Muara ya jelas menaikkan angka pendapatan per kapita dan pertumbuhan ekonomi secara umum,” terang pelaku UKM, Hadi Suryanto kepada Linksatu.com.
Hadi melihat, BULo bisa dikembangkan lebih luas. Filosofi yang mendasarinya sangat prospektif, apalagi pemerintah kota menjadikan masyarakat di lorong-lorong sebagai penggerak utamanya.
“Sasarannya sangat urgen karena yang didorong adalah masyarakat lorong. Tinggal sekarang bagaimana agar BULo ini menyentuh aspek-aspek yang lebih luas,” jelasnya.
Untuk tahap awal, BULo sedang mengembangkan produksi pertanian dengan menanam cabai rawit di 500 lorong di 14 kecamatan di Makassar. Rencananya, pada Maret atau April mendatang, panen cabai akan dilakukan serentak.
Hasil produksi cabai rawit ini seluruhnya akan dikembalikan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat lorong. Diharapkan, kegiatan BULo akan bergulir secara berkesinambungan.
Hadi mengatakan, terobosan BULo adalah bukti komprehensifnya cara pandang Danny dalam memberdayakan masyarakat. Hanya saja, ke depan ditargetkan program ini menyentuh lebih luas, bukan saja pada aspek pertanian, tapi juga ekonomi kreatif, UKM dan sektor-sektor sosial.
“Pak Danny menurut saya punya orientasi panjang yang lebih terarah. Dia sadar bahwa masyarakat lorong itu potensi besar. Dan mereka bisa diberdayakan,” katanya.
Hadi juga menyarankan agar BULo menyentuh masyarakat pulau. Makassar punya populasi penduduk yang cukup besar yang berdiam di sejumlah pulau.
Masyarakat pulau bisa mengembangkan ekonomi kerakyatan melalui sektor perikanan. Tinggal bagaimana pemerintah memberdayakan mereka dalam program yang lebih terarah.
“Masyarakat pulau itu punya prospek bagus. Saya kira ini sudah masuk dalam rencana wali kota ke depan,”jelasnya.(Wan)

BAGIKAN:

jasa pembuatan website makassar