Ultah Politik Iksan YL Menuju Pilgub SulSel

Iksan YL

Kabarmaspul.com- Ichsan Yasin Limpo akan merayakan hari ulang tahunnya ke-56 di Celebes Convention Centre (CCC), Kamis (9/3/2017). Hajatan ini bakal dibalut aroma politik. Inikah cara Ichsan YL memulai perang urat saraf menuju pilgub?
“Saya pikir ini bukan ultah biasa. Ini ultah berbalut politik. Di sini Pak Ichsan akan menyampaikan sikap politiknya,” terang pengamat politik Juanda H Alim kepada Linksatu.com, Senin (6/3/2017).
Juanda menganalisis, ada dua hal yang mungkin akan dijawab Ichsan dalam momentum nanti. Pertama, dia akan terbuka tentang kesiapannya bertarung di pilgub.
“Dia akan beri isyarat siapa yang akan mendampinginya. Tapi soal ini mungkin Pak Ichsan belum mau benar-benar terbuka sebelum ada kepastian partai yang mengusungnya,” jelas Juanda.
Kedua, ia akan menunjukkan sikapnya terhadap Golkar. Terutama tentang campur tangan DPP terhadap kembalinya Nurdin Halid ke Sulsel yang kemudian berujung pada pencopotan dirinya di kepengurusan partai.
“Inilah agenda utamanya sebenarnya. Lihat saja nanti, ini momen sudah dia tunggu. Dia akan menjawab perlakuan Golkar,” katanya.
Juanda juga memperkirakan, kemungkinan hadirnya ketua-ketua DPD II Golkar sangat kecil. Termasuk plt Ketua Golkar Sulsel Nurdin Halid.
“Karena tentu NH tahu bahwa Ichsan sedang memulai psywar. Kalau ada ketua DPD II atau kader Golkar yang hadir, mungkin segelintir. Tapi saya perkirakan tidak ada yang berani datang,” paparnya.
Menurut Juanda, dalam politik, agenda seperti ini bisa sangat berpengaruh. Cara seseorang menebar psywar, menentukan intuisi politiknya.
Ichsan sendiri di mata Juanda, seorang politisi yang bekerja sangat terencana. Ia yakin, bakal banyak kejutan-kejutan yang dibuatnya menuju pilgub nanti.
“Salah satunya ini, di peringatan HUT-nya. Setelah itu bakal ada lagi kejutan. Itu bentuk psywar untuk menunjukkan bahwa imperium Yasin Limpo belum berakhir,” katanya.
Kata Juanda, Ichsan didorong bukan sekadar untuk menduduki kursi gubernur. Agenda utamanya adalah mempertahankan trah Yasin Limpo di percaturan politik Sulsel.
Kalau Ichsan gagal, maka akan butuh waktu 10 sampai 15 tahun bagi dinasti ini menemukan reinkarnasi untuk bangkit kembali. Artinya, kata Juanda, Ichsan saat ini menjadi satu-satunya harapan darah Yasin Limpo untuk meneruskan tradisi politik keluarga.
“Pak Ichsan ini jadi penerus utama setelah SYL berakhir. Adnan saya perkirakan baru bisa berbicara di skop Sulsel setelah duduk dua periode di Gowa. Artinya butuh 10 tahun lagi,” jelas Juanda.
Selain Adnan, tak ada yang lebih mungkin. Indira Cunda Titha, putri sulung SYL juga masih butuh proses panjang.
“Apalagi Tenri Olle, tidak lagi, kecil kemungkinan karena faktor usia. Dewi YL apalagi. Setelah tersangkut kasus korupsi, saya pikir karier politiknya sudah redup,” sebutnya. (Zul)

BAGIKAN:

jasa pembuatan website makassar