5 Hal Membahayakan Makan Daging Ayam Potong


Kabarmaspul.com- Ayam goreng adalag makanan yang hampir semua orang suka. Baik anak – anak sampai orang dewasa menyukainya. Bisa kita menikmati hidangan tersebut dengan campuran sayur, atau hanya di goreng biasa. Ibu di rumah pasti lihai memasak sesuai selera keluarga. Atau anda juga bisa menikmati dengan membeli penjual ayam goreng atau jenis hidangan ayam – ayam lainnya.
Sebagaimana dilansir halosehat.com, sebelum masuk ke ayam goreng, bentuk dari ayam tersebut adalah ayam yang masih hidup. Biasanya berbentuk ayam sayur. Lantas, anda memotong di tempat jagal ayam. Baru kemudian bisa di jadikan masakan yang gurih dan lezat. Ayam potong ini juga bisa di sebut dengan ayam boiler. Di banding dengan daging sapi, daging ayam memang lebih murah dan lebih mudah di olah. Perlu anda ketahui ciri- ciri daging yang sehat itu seperti apa.
Namun, sangat di sayangkan dengan kandungan gizi ayam ini. Jenis ayam potong atau ayam boiler ini memiliki potensi buruk bagi kesehatan. Bahan – Bahan yang ada di dalam ayam menyimpang beberapa residu obat – obatan kimiawi. Bisa jadi karena memang ayam tersebut di suntik, atau berasal dari makanan ayam – ayamnya. Ini bisa berakibat fatal bagi tubuh anda. Waspadai bahaya makan ceker ayam
Pemeliharaan Ayam Boiler
Ayam boiler atau ayam sayur ini adalah jenis ayam yang banyak di pakai dalam keluarga. Dengan di berondol harga murah, ayam ini juga mudah untuk di olah. Untuk pemeliharaannya juga mudah. Ayam jenis sayur ini mudah bertahan hidup. Asal di beri makan dengan teratur. Biasanya peternak akan menambah beberapa zat kimiawi agar ayam tetap terlihat montok.(Baca Juga: Bahaya Bahan Kimia , Bahaya Konsumsi Daging Merah)
Ada juga yang memberikan hormon dan logam berat pada ayam sayur. Tujuannya agar ayam tidak mudah terserang penyakit. Sebab, jika ayam terlihat cacat atau sakit maka tidak ada yang mau membeli. Mereka cenderung khawatir pada ayam yang sakit, karena di anggap sebagai sumber dan sarang penyakit.
Selain itu, yang perlu di perhatikan adalah kondisi lingkungan ayam. Apakah ia di ternak pada lahann yang bersih atau kotor ? Jika memang lahan bersih, maka bisa dengan lega anda membelinya. Namun jika lahannya kotor, maka anda harus berhati – hati. Siapa tahu jika ayam tersebut terserang bakteri Eccercia coli, salmonella dan lain sebagainya. Lantas apa saja bahaya mengkonsumsi ayam boiler ? Simak ulasan berikut :
Bahaya Makan Ayam Potong
Ternyata ada cukup banyak bahaya mengkonsumsi ayam potong atau di kenal juga ayam boiler. Lantas, apa saja yang bahaya yang bisa di timbulkan jika terus – terusan mengkonsumsi ayam potong ? Simak ulasan berikut ini :
1. Tubuh manusia jadi kebal terhadap antibotik
Jika ayam yang di konsumsi terbiasa di beri suntikan anti biotik atau zat kimiawi lain, bisa juga berpengaruh pada tubuh manusia. Ayam yang di beri anti biotik residu zat – zatnya tidak bisa hilang. Melainkan akan tetap menetap pada bagian daging ayam dan hati ayam. Jika ini masuk ke tubuh manusia, maka anti biotik ini juga masuk ke dalam tubuh. Efek jangka panjangnya adalah manusia kebal terhadap anti biotik. Termasuk kuman dalam tubuh. Sehingga ketika tubuh sakit, maka susah untuk di sembuhkan. Waspadai bahaya resistensi antibiotik, bahaya antibiotik tanpa resep dokter, dan bahaya antibiotik untuk anak dan usia lanjut.
2. Memicu karsinogen dalam tubuh
Kelebihan zat kimiawi dalam tubuh akan berpengaruh buruk bagi tubuh manusia. Salah satunya adalah memicu karsinogen di dalam tubuh. Karsinogen adalah zat pemicu kanker di dalam tubuh. Jika di biarkan akan menyebabkan resiko penyakit kanker apa saja. Jika sarang karsinogen berada pada bagian payudara, maka akan menyebabkan penyakit kanker payudara. Jika yang terserang pada bagian nasofaring, maka akan menyebabkan kanker nasofaring.
3. Resiko pubertas dini pada perempuan
Ayam potong atau di kenal dengan ayam boiler biasanya di berika hormon – hormon tertentu yang bisa memancing pertumbuhan. Jika di beri hormon, bisa di panen dalam waktu 3 bulan. Namun jika ayam biasa panen pada 6 bulan. Beberapa orang beranggapan bahwa pemberian hormon ini bisa membantu mempercepat pubertas atau masa menstruasi pada perempuan.
4. Resiko gangguan pernapasan
Banyak sekali bakteri dan kotoran yang ada pada ayam potong atau ayan boiler. Biasanya bakteri yang tumbuh adalah Staphylococcus aureus dan lain sebagainya. Jika bakteri jenis ini masuk ke dalam tubuh manusia, bisa beresiko masalah gangguan pernapasan. Ini sangat tidak baik bagi tubuh jika di biarkan dan tidak segera di periksakan. Berikut ada cara menjaga kesehatan organ pernapasan.
5. Mudah terserang alergi atau penyakit kulit
Selain itu, masih ada beberapa jenis bakteri dan virus lain yang bisa menyerang ayam potong. Beberapa orang mengaku mereka lebih sensitif terhadap penyakit kulit jika memakan ayam goreng terlalu banyak. Gejala yang muncul antara lain memerah pada bagian kulit, ruam – ruam yang banyak, di sertai bintil – bintil. Biasanya muncul rasa gatal dan panas. Salah satu alergi kulit adalah eksim atopik. Jangan khawatir, ada obat herbal alergi kulit.
Itulah beberapa bahaya ayam boiler atau ayam potong. Jika tidak ingin terkena beberapa dampak atau resikonya, sebaiknya menghindari. Bukan berati tidak memakan ayam ini sama sekali. Namun hanya mengurangi intensitas dan frekuensi yang ada.(Kiki)

BAGIKAN:

jasa pembuatan website makassar