Begini Cara Mencegah Penyakit Ayan


Kabarmaspul.com- Penyakit epilepsi atau dikenal juga dengan sebutan “ayan” masih menimbulkan pandangan keliru (stigma) di masyarakat antara lain penyakit akibat kutukan, guna-guna, kerasukan, gangguan jiwa atau mental. Bahkan, ada mitos bahwa penyakit ini dapat ditularkan melalui air liur. Hal ini berpengaruh negatif terhadap upaya pelayanan penyandang epilepsi.
Problem psikososial pada penyandang epilepsi ditemukan lebih tinggi pada populasi umumnya. Problem terbanyak yang dilaporkan adalah adanya isolasi sosial, kurang percaya diri, bahkan menimbulkan kecemasan dan depresi. Padahal problem sosial menjadi sangat penting karena berdampak pada berkurangnya kualitas hidup penyandangnya.
Menurut spesialis saraf dari RS Islam Pondok Kopi Jakarta Timur dr. Gea Pandhita, penyakit epilepsi sebenarnya tidak menimbulkan kerugian yang banyak pada lingkungan lantaran penyakit tersebut tidak menular. Penyakit lain yang sebenarnya lebih berbahaya daripada epilepsi justru dapat diterima lebih baik, hanya karena tidak memiliki stigma.
Faktanya, lanjut Gea, epilepsi juga bukan penyakit jiwa, melainkan penyakit fisik yang dialami akibat ketidaknormalan kelistrikan sekelompok sel saraf di otak (bangkitan). Seseorang dikatakan mengidap epilepsi apabila ia mengalami bangkitan berulang, berselang lebih dari 24 jam, yang timbul tanpa provokasi.
Begini cara mencegah penyakit ayan
1. Air kelapa muda
Air kelapa muda sangat berkhasiat mengatasi penyebab penyakit ayan Agar tidak kambuh maka penderita dianjurkan untuk minum air kelapa baias atau hijau setiap hari setidaknya 2 gelas pagi dan sore.
2. Suplemen bawang putih
Mengkonsumsi Suplemen bawang putih adalah salah satu cara untuk mengatasi penyebab penyakit ayan. Jangan ragu ragu untuk menikmati manfaat dari suplemen bawang putih yang didalamnya terkandung zat anti peradangan, Antibiotik, Antiseptik, Anti infeksi dan antioksidan kuat yang dapat melancarkan aliran darah, Suplemen dapat dikonsumsi sesuai aturan yang diberlakukan di dalam kemasannya dapat berguna mencegah peningkatn listrik sel sel tubuh yang menghubungkan kejaringan otak sekaligus melancarkan peredaran darah ke otak.
3. Daun pegagan
Daun pegagan merupakan tanaman tradisioanl kaya manfaat bagi kesehatan tubuh termasuk dapat mengatasi kejang kejang. Untuk melindungi tubuh dari serangan kejang kejang mendadak akibat penyakit ayan atau epilepsi anda dapat memanfaatkan daun pegagan . Rebuslah daun pegagan dimana airnya dapat dikonsumsi satu kali setiap hari.
4. Kafein dan alkohol
Hindari minuman yang mengandung kafein dan alkohol yang terbukti dapat menghambat aliraan darah dan menggagnggu kinerja otot, Saraf dan pembuluh arteri khususnya ke jaringan otak. (baca juga: efek bahaya kafein bagi tubuh – makanan dan minuman yang mengandung kafein tinggi)
5. Lelah dan dehidrasi
Tubuh kelelahan dan dehidrasi adalah penyebab penyakit ayan yang paling banyak menyerang tiba tiba pada penderita ayan. Jagalah agar stamina tubuh tetap pada kondisi yang terbaik, Jangan biarkan tubuh mengalami dehidrasi dan kelelahan yang berlebihan. Kondisi ini menyebabkan penrunan daya tahan tubuh dan terhambatnya aliran darah pada semua jaringan tubuh termasuk pembuluh arteri kearah otak. Lelah dan terserang dehidrasi adalah penyebab penyakit ayan kambuh secara tiba tiba.
6. Garam epsom
Garam epsom merupakan garam unik yang dapat mengatasi penyebab penyakit ayan yaitu mampu mencegah agar penyakit ayan tidak kambuh lagi atau untuk media pengobatan awal bagi penderita ayan adalah deangan menggunakan garam epsom yang bisa ditaburkan pada makanan dan minuman. Garam epsom mampu menstabilkan aliran darah, Melancarkan pembuluh arteri dan meregangkan otot yang kaku serta memperbaiki saraf saraf tubuh yang mengerut.
7. Akar baru cina
Akar baru cina dapat digunakan sebagai obat penyembuh kejang kejang pada penderita ayan atau epilepsi dan bahkan dapat mencegah penyakit tersebut kambuh kembali. Rebuslah akar baru cina yang sebelumnya telah diportong potong menjadi beberapa bagian. Rebusan akar baru cina dapat ditambahkan gula aren atau madu agar rasa getirnya hilang dan nutrisi yang ada didalamnya semakin bermanfaat bagi pencegahan kejang kejang.
Akar baru cina merupakan tanaamn herbal yang bisa dijadikan obat untuk langkah pertolongan pertama epilepsi kambuh Karena tanaman tersebut relatif lebih cepat dalam menyembuhkan kejang kejang.(Kiki)

BAGIKAN:

jasa pembuatan website makassar