Bila None Lambat Bergerak, Maka Sulit Imbangi Danny Pomanto Di Pilwali Makassar

Irman Yasin Limpo

Kabarmaspul.com- Irman Yasin Limpo menjadi figur paling diperhitungkan yang bisa mengganggu elektabilitas Moh Ramdhan Pomanto di pilwalkot. Tapi jika star telat, bukan tidak mungkin suara None juga akan sulit didongkrak.
“Idealnya dia (None) star dari sekarang. Setidaknya, sudah harus ada psywar kepada incumbent bahwa dia siap maju. Tidak boleh lagi malu-malu,” terang Irawan Zaldy, penulis dan peneliti sosial politik publik kepada kabarmaspul.com, Selasa (4/4/2017).
Di pilwali 2013, None yang berpasangan dengan Busrah Abdullah, melakukan star terlambat. Ia hanya bekerja efektif sekitar tiga bulan sebelum pilwalkot.
Hasilnya cukup signifikan. Elektabilitas None-Busrah menyodot meninggalkan dua pasangan dengan tingkat popularitas tinggi, Rusdin Abdullah dan Supomo-Kadir yang diusung Partai Golkar.
Sayangnya, None-Busrah gagal mengimbangi perolehan suara Danny-Ical yang disokong imperium Ilham Arief Sirajuddin. Keduanya terpaut 9 persen.
Irawan menyebutkan, andai None star lebih cepat waktu itu, kemungkinan hasilnya akan lain. Dalam tenggat tiga bulan saja ia mampu menggeser elektabilitas Supomo dan Rusdin Abdullah yang telah bekerja dua tahun lebih.
“Ini membuktikan bahwa None punya kans. Dia sudah punya kantong suara gemuk. Kalau star dari sekarang, saya yakin akan jadi penantang serius Danny,”ucap Irawan.
Irawan memprediksi, None masih berhitung sampai belum mau secara terbuka menyatakan maju di pilwali. Ada beberapa alasan yang mungkin jadi pertimbangan dia.
“Pertama bisa jadi karena di saat bersamaan Ichsan YL juga maju di pilgub. Secara langsung suara mereka tidak saling memengaruhi, tapi konsentrasi keluarga bisa terpecah jika dua-duanya maju,” jelasnya.
Keluarga Yasin Limpo tentu harus menimbang-nimbang siapa di antara keduanya yang harus jadi prioritas.
Alasan kedua, None menunggu momentum tepat. Jika benar dia hendak bertarung di pilwali, Irawan memprediksi, adik kandung Gubernur Sulsel itu, akan star di bulan Ramadan.
“Saya rasa dia akan memanfaatkan Ramadan sebagai momentum star. Artinya, starnya lebih cepat dari pilwali 2013. Hasilnya, tentu akan beda, pasti lebih signifikan,”sebutnya.(Zul)

BAGIKAN:

jasa pembuatan website makassar