BPJS Ketenagakerjaan Kelola Program Perumahan Pekerja


Kabarmaspul.com- BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Sulawesi-Maluku (Sulama) saat ini mengelola empat program yakni kecelakaan kerja, jaminan kematian, jaminan hari tua (JHT) dan jaminan pensiun.
Kepala BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Sulama, Umardin Lubis mengatakan, pihaknya juga memberikan jaminan sosial untuk seluruh keluarga pekerja berupa manfaat layanan tambahan (MLT) bagi peserta khususnya dalam kepmilikan perumahan (hunian).
“Manfaat layanan tambahan bertujuan meningkatkan kesejahteraan peserta melalui pemilik rumah yang layak dan sekaligus mendukung program sejuta rumah dari pemerintah. MLT yang diberikan BPJS ketenagakerjaan kepada peserta mencakup empat jenis yaitu KPR, pinjaman uang muka perumahan (PUMP), pinjaman renovasi perumahan dan kredit konstruksi bagi developer,” katanya.
Umardin menjelaskan, sebagai persyaratan pemberian KPR dan PUMP bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) diatur sesuai dengan ketentuan yang berlaku dari Pemerintah.
Kata dia, persyaratan tersebut tentunya dengan maksimalkan pembiayaan KPR dan PUMP hingga 99 persen dari harga rumah yang sesuai dengan ketentuan. Sedangkan peserta pada kategori non MBR pemberian KPR maksimal sebesar 95 persen dengan harga rumah maksimal Rp.500 juta dan PUMP sendiri tidak diperkenankan bagi peserta pada kategori ini sesuai peraturan BI nomor 17/10/PBI/2015).
“Sementara ini kami bekerjasama dengan Bank BTN dan untuk jenis PRP diperuntukkan untuk merenovasi rumah pekerja maksimal pinjaman Rp.50 juta, untuk pembiayaan kredit konstruksi khusus developer perumahan tapak ataupun rumah susun (rusun) bagi peserta BPJS ketenagakerjaan,” ucapnya.(Wan)

BAGIKAN:

jasa pembuatan website makassar