H1, Sejumlah Lembaga Survei Masih Unggulak Anies-Sandi Di Pilkada DKI


Kabarnaspul.com- Menjelang hari pencoblosan Pilgub DKI Jakarta, sejumlah lembaga survei tercatat masih mengunggulkan pasangan calon (paslon) nomor urut 3 Anis Baswedan-Sandiaga S Uno dibandingkan paslon nomor urut 2 Basuki Tjahja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat.

Hal tersebut diketahui dari hasil survei Nurjaman Center for Indonesian Democracy (NCID) menjelang pelaksanaan putaran kedua Pilkada DKI 2017. Di Anies-Sandi unggul dengan angka sebesar 58,03%, sementara pasangan Basuki-Djarot 39,4%.

“Survei dilakukan pada periode 10 sampai 13 April 2017 dan analisa yang dihasilkan berupa profil dan pandangan responden terhadap pilihannya pada Pilkada DKI Jakarta putaran kedua mendatang,”kata Direktur eksekutif NCID, Jajat Nurjaman, seperti yang dikutip dari INILAHCOM, Selasa (18/4/2017).

Dari segmen pemilih berdasarkan agama, pemilih muslim 60,20% mendukung Anies-Sandi sedangkan pasangan Basuki-Djarot hanya 25,87%, sementara 14% belum menentukan pilihannya. Adapun, pasangan Basuki-Djarot unggul di pemilih nonmuslim seperti Kristen sebanyak 94,15% dan sebanyak 5.85% mendukung Anies-Sandi.

“Hal ini menunjukan segmen agama sangat berpengaruh dalam putaran kedua Pilkada DKI Jakarta 2017 kali ini, dimana non muslim dengan solid mendukung pasangan Basuki-Djarot,”katanya.

Jajat menambahkan, tidak hanya di pengaruhi oleh segmen agama, dalam survei pun memperlihatkan segmen partai politik tak lepas mewarnai Pilkada DKI Jakarta, dimana pendukung PDIP sebanyak 19,40% solid memilih Basuki-Djarot dan sebanyak 33,57% pendukung Gerindra mendukung Anies-Sandi dan dari hasil tersebut dapat diartikan jika ini pertarungan antara partai besar di Indonesia.

“Survei ini dilakukan dengan wawancara tatap muka kepada 603 responden di DKI Jakarta dengan menggunakan metode multi stage random sampling dengan margin of error 3%,”jelasnya.(Zul)

BAGIKAN:

jasa pembuatan website makassar