Iksan YL Sudah Punya Pendamping, Parpol Jangan Kepedean Dorong Kadernya

Iksan Yasin Limpo

Kabarmaspul.com- Komunikasi yang sedang diperlebar kubu Ichsan Yasin Limpo ke sejumlah partai politik, adalah upaya memperkuat basis, bukan untuk mencari calon pendamping. Ichsan YL disebut sudah punya cawagub, parpol diminta tidak ke”pede”an mendorong kadernya.
“Soal 02 IYL sudah selesai. Sudah ada, dan tinggal deklarasi saja. Jadi saya lucu kalau masih ada parpol mendorong-dorong kadernya untuk jadi pendamping IYL,” kata Juanda H Ali, analis politik yang juga menelitik sosial , Selasa (18/4/2017).
Juanda mengatakan, setelah perayaan HUT-nya di CCC, IYL sebenarnya sudah memberi isyarat kuat bahwa ia telah selesai dengan pembahasan soal 02. Adapun komunikasi yang dibangun ke partai-partai hanya untuk memperkuat basis dukungan politik.
“IYL ini pandai menyimpan amunisi. Nanti pada saat yang tepat baru dia umumkan. Dia menunggu perubahan konstelasi. Itu sudah gaya politik beliau,”kata Juanda.
Lantas siapa figur pilihan IYL? Juanda mengatakan, tidak etis mendahului deklarasi. Tapi jika merujuk pada figur, ia bisa menyebut beberapa ciri yang mendekati.
Pertama kata Juanda, ia mungkin berasal dari lingkungan kekuasaan. “Artinya orang itu sedang berkuasa sekarang,” jelasnya.
Kedua, ia merepresentasi suku di luar Makassar. Bisa Bugis, Toraja atau suku lain di Sulsel.
“Yang jelas analisis saya, figur itu tidak merepresentasi suku Makassar,” sebut Juanda.
Tujuannya apa? Ichsan YL tentu akan memiliki tokoh-tokoh di luar suku Makassar karena ia tahu emosi kesukuan menentukan kantong-kantong suara tradinisionil.
Untuk mengimbangi kekuatannya di luar Makassar, Gowa dan Takalar, setidaknya ia butuh figur dengan latar etnik besar, seperti Bugis.
“Jadi kemungkinan besar dari Bugis. Kalau Toraja mungkin iya, tapi Bugis masih lebih tinggi kecondongannya,”katanya.
Selanjutnya, punya basis massa yang riil. Bisa berbasis tradisional atau pun rasional. Secara sosiologi, ia juga memiliki kantong suara cukup gemuk.
“Dan tidak mungkin Pak Ichsan memilih karena kekuatan parpolnya saja. Beliau pasti lebih condong mempertimbangkan ketokohannya,"ucapnya.(Wan)

BAGIKAN:

jasa pembuatan website makassar