Ini Penyebab Munculnya Konflik Di Kantor

Ilustrasi

Kabarmaspul.com- Akibat dari konflik ternyata tak selalu negatif. Kenyataannya, bila berhasil ditangani dengan baik, konflik bisa membuat situasi kerja lebih sehat. Karena, konflik itu bisa membuka masalah lebih terbuka, sehingga menciptakan pemikiran baru.
Konflik juga bisa meningkatkan keterlibatan orang, menimbulkan komunikasi yang lebih tulus, dan tercapainya konsensus yang mempertemukan kepentingan individual dan atasan di kantor sehingga, proses manajerial lebih lancar.
Umumnya, ada beberapa penyebab terjadinya konflik di kantor, yaitu:
1. Komunikasi yang tidak jalan, atau gaya komunikasi yang berbeda sehingga menimbulkan ketidaksepahaman.
2. Nilai-nilai atau budaya yang berbeda. Khususnya di Indonesia, yang terdiri dari beragam suku bangsa dan agama, terkadang perbedaan ini membawa konflik. Misalnya, cara penyelesaian rekan kerja yang berasal dari suku Batak yang tegas dan keras, tak jarang menimbulkan konflik dengan orang Jawa yang halus.
3. Perbedaan kepentingan. Di sini terjadi konflik ketika setiap orang bersaing untuk mencapai target/kepentingan mereka masing-masing.
4. Tidak meratanya fasilitas kantor. Misalnya, pada perusahaan yang baru berdiri, tak semuanya menyediakan internet yang bisa diakses di masing-masing meja. Untuk mengaksesnya, hanya ada satu atau dua komputer. Rebutan memakai fasilitas pencari informasi dan berkirim kabar ini tak jarang membuat konflik.
5. Perbedaan kepribadian. Kepribadian seseorang itu ada yang dominan, kalem, atau tertib menjalankan aturan. Ketika bekerja dalam tim, perbedaan ini bisa memicu konflik, kalau masing-masing tidak mau memahami perbedaan dirinya dengan orang lain.
6. Kinerja yang buruk. Saat seseorang menunjukkan kinerja yang tidak optimal dari semestinya, sehingga mengganggu kerja rekan atau divisi yang lain, maka konflik pun tak terhindarkan.(Kiki)

BAGIKAN:

jasa pembuatan website makassar