Kenali 8 Tanda Sebelum Penyakit Ayan Kambuh


Kabarmaspul.com- Penyakit Epilepsi (penyakit ayan) adalah suatu keadaan di mana terjadi gangguan otak yakni berupa lepasnya muatan listrik saraf otak secara berlebihan karena beberapa sebab dan ini terjadi secara berkala. Ada yang bersifat umum artinya seluruh bagian otak terjadi gangguan muatan listrik dan ada yang parsial (sebagian) jaringan otak saja yang mengalami gangguan.
Penyebab timbulnya serangan epilepsi (penyakit ayan) di antaranya trauma lahir misalnya pada persalinan menggunakan vacum extractie, trauma kepala baik berat maupun ringan, infeksi selaput otak atau jaringan otak, ataupun akibat adanya tumor otak.
EilepsiGejala penyakit epilepsi (penyakit ayan) tidak mesti berupa kejang seluruh tubuh dengan busa dari mulut disertai hilangnya kesadaran, tetapi banyak variasinya di antaranya ada berupa gerakan mata ke satu sisi dengan gerakan badan ke sisi tersebut disertai suara seperti tercekik. Ini Tandanya :
1. Kedutan
Kedutan seringkali muncul beberapa saat sebelum tubuh mengalami kejang kejang, Kedutan terjadi dibagian area mata yang tidak berhenti. Jika seseorang memiliki penyakit ayan atau epilepsi maka segeralah mendapatkan pengobatan jika telah merasakan ada kedutan berulang pada area mata. Kedutan merupakan salah satu tanda tanda epilepsi yang paling sering tidak diindahkan para penderita.
2. Sakit kepala
Sebelum penyakit ayan kambuh biasanya tubuh akan memberikan sinyal terlebih dahulu berupa pusing pusing yang tidak kunjung hilang kemudian melebar menjadi sakit kepala yang menyakitkan. Jika seseorang adalah penderita ayan maka sudah diapstikan sakit kepala adalah tanda tanda awal kambuhnya penyakit ayan.
3. Otot nyeri
Beberapa menit sebelum ayan kambuh biasanya otot akan mengalami perubahan yaitu muncul rasa nyeri yang terus berkelanjutan yang semakin lama semakin sakit. Nyerinya otot pada beberapa bagian tubuh mengisyaratkan bahwa produksi listrik pada sel sel yang nmenghubungkan kejaringan otak mulai meningkat. Jika dibiarkan maka kondisi ini menjadi penyebab penyakit ayan muncul dengan tubuh kejang kejang yang tidak terkontrol.
4. Sesak nafas
Sesak nafas yang diiringi dengan nyeri pada dada adalah salah satu tanda tanda klasik pad penderita ayan. Untuk mengantisipasi terjadinya kejang kejang segeralah dilakukan perawatan secara medis pada tim kesehatan setempat misalnya puskesmas terdekat.
5. Wajah pucat membiru
Pada penderita penyakit ayan atau epilepsi beberapa saat sebelum muncul kejang kejang maka wajahnya kan terlihat pucat yang lama kelamaan terlihat membiru. Kondisi itu disebabkan pertahanan tubuh yang sedang berusaha melawan munculnya produksi listrik dalam sel sel tubuh yang berkaitan dengan otak. Salah satu Penyebab penyakit ayan kambuh lagi adalah ketika emosional seseorang sedang dalam keadaan yang labil dan efeknya menimbulkan wajah menjadi pucat.
6. Bingung
Kebingungan adalah tanda tanda awal yang mengiringi ketidakstabilan emosi yang sedang terbentuk sebagai sinyal tubuh bhwa penyakit epilepsi yang diderita akan segera muncul. Kebingungan yang dimaksud penderitaa akn terlihat seperti panik, Cemas berlebihan dan marah marah tanpa sebab yang jelas.
7. Mulut keluar buih /busa
awal munculnya penyakit ayan yang sedang kambuh adalah keluarnya busa dari mulut yang sedikit namun lama kelamaan menjadi semakin banyak. Jika haal ini terjadi maka segera bawa ke dinas kesehatan terdekat untuk menghidari kejang kejang.
8. Pingsan sesaat
Penderita ayan atau epilepsi akan mengalami ketidak sadaran diri sebentar sebelum kejang kejang muncul kembali dengan debit gerakan yang semakin kuat dan tidak terkontrol. 

BAGIKAN:

jasa pembuatan website makassar