Legislator Cantik Ini Sosialisasikan Perda Pemekaran Kecamatan Di Wilayah Makassar


Kabarmaspul.com- Wakil Ketua Komisi D DPRD Kota Makassar, Fatmawati Wahyuddin melakukan sosialisasi peraturan perundang-undangan daerah (Perda) nomor 2 dan 3 terkait Perda Pemekaran Kelurahan dan Kecamatan di Makassar.

Fatmawati menjelaskan, pemekaran kecamatan dan kelurahan di Makassar sudah diatur dalam Perda Nomor 2 dan 3 Tahun 2015. Setelah Perda tersebut diterbitkan, ada 10 kelurahan di Makassar yang kemudian dimekarkan.

“Kami sosialisasikan Perda ini agar masyarakat tahu, pemekaran kelurahan maupun kecamatan di Makassar semua memiliki payung hukum,”sebutnya pada sosialisasi yang berlangsung di Hotel Grand Asia, Jalan Boulevard, Makassar, Rabu (19/4/2017).

Sebelumnya, sebut Fatmawati, di Makassar hanya ada 143 kelurahan, setelah dimekarkan total kelurahan secara keseluruhan menjadi 153. Tidak hanya kelurahan, pemekaran juga dilakukan di satu kecamatan.

Saat ini, Makassar sudah memiliki 15 kecamatan, sebelumnya hanya ada 14 kecamatan. Pemekaran kecamatan dilakukan di Kepulauan Sangkarrang.

“Jadi, sekarang Makassar juga sudah punya kecamatan kepulauan yaitu Kecamatan Kepulauan Sangkarrang, itu merupakan pemekaran dari Kecamatan Ujung Tanah,” jelas legislator cantik ini.

Fatmawati menjelaskan, pemekaran yang dilakukan untuk 10 kelurahan dan satu kecamatan di Makassar tentunya berdasar pada sejumlah syarat yang sudah dipenuhi.


Adapun syarat yang perlu diperhatikan kata Fatmawati, untuk pemekaran wilayah yaitu melihat jumlah penduduk, melihat letak geografis, juga penyediaan sarana dan prasarana di satu wilayah yang akan dimekarkan.(Kiki)

BAGIKAN:

jasa pembuatan website makassar