Lulusan Tahun 2015 Bisa Ikut SBMPTN 2017


Kabarmaspul.com- Kabar gembira bagi Anda lulusan SMA/SMK/MA tahun 2015. Panitia Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2017 memberikan kesempatan bagi lulusan 2015 untuk ikut dalam proses SBMPTN 2017 tahun ini.

SBMPTN 2017 sendiri sudah resmi dibuka hari ini. Ajang masuk perguruan tinggi negeri (PTN) itu akan diikuti oleh 85 PTN, termasuk ISI dan ISBI dan akan terbagi dalam 42 panitia lokal di bawah koordinasi panitia pusat.

Ketua Panitia Pusat SBMPTN Ravik Karsidi yang juga menjabat sebagai Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menyampaikan, semua persyaratan terkait SBMPTN 2017 sudah bisa diakses di Panduan SBMPTN di laman http://www.sbmptn.ac.id.

Dalam laman tersebut disebutkan secara detail bagaimana persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon peserta SBMPTN. Seperti identitas diri, pas foto, program studi yang akan dipilih hingga memilih Panlok tempat dimana akan mengikuti ujian.
Setelah mendaftar dan mengisi data diri secara online di laman yang disediakan, ucap Ravik, peserta akan mendapatkan Kode Akses Pendaftaran (KAP), Personal Identification Number (PIN), dan dlip pembayaran.

“Slip pembayaran memuat kode pembayaran yang diperlukan untuk melakukan pembayaran biaya seleksi,” terang Ravik, seperti dikutip dari Okezone.com, Selasa (11/4/2017).

Nantinya, lanjut Rafik, SBMPTN 2017 dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2015, 2016 dan 2017 dari pendidikan menengah(SMA/SMK/MA) atau yang sederajat, termasuk paket C. Peserta akan dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp200 ribu.

“Jika ada peserta SBMPTN dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dan mempunyai prestasi akademik tinggi dapat mengajukan dana bantuan biaya pendidikan Bidikmisi,” jelasnya.

Dalam seleksi SBMPTN, tes akan dilaksanakan dengan dua cara yakni seleksi berdasarkan hasil ujian tertulis yang terdiri dari Paper Based Testing (PBT) dan Computer Based Testing (CBT). Sedangkan peserta yang memilih program studi dari bidang ilmu seni dan keolahragaan, peserta juga harus mengikuti ujian ketrrampilan tersebut.

Apabila peserta memilih untuk mengikuti ujian CBT, maka peserta akan ditentukan lokasi ujian CBT di PTN penyelenggara yang termasuk dalam Panlok yang dipilih, sejauh kuota peserta ujian CBT di lokasi tersebut masih tersedia.
Sedangkan jadwal SBMPTN 2017 adalah pendaftaran online untuk PBT dan CBT dibuka mulai 11 April 2017 pukul 08.00 WIB sampai dengan 5 Mei 2017 pukul 22.00 WIB.

Ujian Tertulis (PBT dan CBT) akan digelar pada Selasa 16 Mei 2017 sedangkan ujian keterampilan dilaksanakan Rabu 17 Mei 2017 dan Kamis 18 Mei 2017. Pengumuman SBMPTN pada Selasa 13 Juni 2017.

Untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap bisa memperoleh layanan informasi resmi yang dapat diakses melalui laman http://sbmptn.ac.id dan melalui http://halo.sbmptn.ac.id dan Call-Center 0804-1-456-456 serta media sosial facebook :http://facebook.com/SekreSBMPTN dan Twitter : @SekreSBMPTN.(Kiki)

BAGIKAN:

jasa pembuatan website makassar