Mengintip Peluang Birokrat Maju Di Pilwalkot Makassar


Kabarmaspul.com- Menjelang dimulainya tahapan Pilkada Makassar 2018, sejumlah nama bakal calon Walikota Makassar mulai mencuat. Tidak hanya dari kalangan politisi dan profesional, tetapi juga muncul beberapa birokrat baik di Pemprov Sulsel maupun Pemkot Makassar.

Beberapa nama birokrat yang mencuat untuk maju di Pilkada Makassar diantaranya Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Sulsel Irman Yasin Limpo dan Sekretaris Daerah (Sekda) Makassar Ibrahim Saleh.

Pengamat politik Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Dr. Firdaus Muhammad melihat peluang Ibrahim Saleh dan None sapaan akrab Irman Yasin Limpo sangat kecil untuk bertarung di Pilkada Makassar nanti mengingat mereka berdua dari latar belakang birokrat.

“Untuk None masih sangat cocok di sebut runner up dan persoalannya apakah beliau mau melepaskan posisinya sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS). Kedua masalah partai pengusung apalagi kekuatan dinasti politik sudah berakhir dengan berakhirnya masa jabatan pak Syahrul Yasin Limpo sebagai Gubernur Sulsel,” kata Firdaus.

Demikian halnya dengan Ibrahim Saleh, Firdaus menilai posisi Ibrahim yang sebagai birokrat murni sangat sulit mendapat partai pengusung, mengingat masing-masing partai punya kader yang mencalonkan diri.

“Kekuatan pak Ibrahim Saleh itu ada pada partai pengusung, masalahnya partai-partai sekarang punya calon dari kadernya masing-masing. Saya fikir peluangnya sangat kecil apalagi beliau ini birokrat murni,” sebutnya.(Wan)

BAGIKAN:

jasa pembuatan website makassar