Rp 1 M Lebih Disiapkan Unismuh Makassar Untuk Penelitian Internal


Kabarmaspul.com-  Universitas Muhammadiyah Makassar terus mendorong dosennya untuk melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Tidak hanya dibidang pengajaran, tetapi juga untuk kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat yang juga terus digenjot.
Ketua LP3M Unismuh Makassar, Dr Ir Abubakar Idham, mengatakan, beberapa macam kegiatan yang dibiayai oleh Universitas, yakni penelitian unggulan perguruan tinggi, penelitin dosen pemula dan pengabdian pada masyarakat.
Dosen Pertanian Unismuh ini ketika ditemui di Kantor LP3M Unismuh, Selasa (18/4) mengatakan, Unismuh tidak tangung-tanggung di dalam mendorong dosennya untuk kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Tahun ini, telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 1.050.000.000, meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya Rp750 juta.
Dikatakan, sekarang sudah ada 120 judul penelitian dosen pemula yang diterima, dan untuk Pengabdian pada Masyarakat sudah masuk 110 judul. “Sekarang sedang jalan sebanyak 32 judul dan lainnya masih dalam tahap evaluasi proposal,”tandas Abubakar.
Proposal penelitian internal yang sudah masuk di LP3M akan dievaluasi oleh tim internal Unismuh. Dari hasil evaluasi untuk semua proposal yang masuk tidak semuanya diterima. Karenanya ada nilai yang diperoleh dari tim evaluasi internal.
Untuk kegiatan penelitian dan pengabdian Masyarakat di lingkup kampus Unismuh, menurut Abubakar, sudah ada peningkatan dari tahun ke tahun. Kalau tahun yang lalu penelitian internal yang dibiayai hanya 96 judul sekarang ini meningkat 200 judul lebih.
Hanya saja, kalau melihat jumlah dosen Unismuh yang mencapai 620 orang yang meneliti baru sekitaran 400-an saja. Berarti masih ada dua ratusan lebih dosen di Unismuh yang belum bergerak-bergerak penelitiannya.
Agar tahun-tahun mendatang, kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat ini lebih berkembang di kampus, maka pihak universitas tak henti-hentinya memberikan motivasi sekaligus mendorong agar dosen dapat melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat. Tentu juga pengajaran yang harus seiring.(Kiki)

BAGIKAN:

jasa pembuatan website makassar